Merantau Sambil Mengenalkan Budaya Sendiri

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Sambas Merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Kalimantan Barat.Ikatan Keluarga Mahasiswa Sambas (IKMAS) yang berada di Yogyakarta, mulai dari tahun 2015 mengadakan Gelar Budaya Sambas (GBS) untuk mengenalkan budaya yang ada di Sambas kepada masyarakat dan anak rantau yang berada di Yogyakarta.

Gelar Budaya Sambas (GBS) yang ke-4 baru selesai di laksanakan pada tanggal 28 November 2019 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Acara GBS tahun ini mengangkat tema “Sepentas Budaye Menenun Rindu di Tanah Jawe” . Tema ini dipilih untuk mengangkat kain tenun khas Sambasyang merupakan kain kebanggaan masyarakat Sambas.

Acara yang di hadiri oleh wakil bupati Sambas ini, dikemas dalam bentuk pementasan berbagai macam tarian, lagu, drama dan musik instrumen khas Sambas.

GBS tidak hanya mengangkat kebudayaan saja, tetapi juga mempromosikan tempat wisata yang berada di Kabupaten Sambas serta mengenalkan berbagai makanan khas sambas yang dijual ketika acara berlangsung.

(Red/Penulis: Nuriyanti, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)