PameranVisioner Berestetika 2019

Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA– Pameran seni dan arsip jurnalistik “Visioner Berestetika” dengan temaberpikir dan bekerja keras akan berlangsung di Galeri Fajar Sidik, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Jl. Parangtritis Km. 6,5, Sewon, Bantul, pada 4 – 10 Oktober 2019.Pameran dengan kurator Anam Khoirul ini akan dibuka oleh Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn, M.Si pada Jum’at, 4 Oktober 2019 pukul 16.00 WIB.

Selain pameran, digelar pula pertunjukan dariAsix (A-6) percussion, Komunitas Musik Subang, Kelsera, Roni, Klentheng, musik dan puisi serta band Internal Pressisi.

Adapun mitra dan sponsor kegiatan ini antara lain: Mugiharjo, Almira, RA-Karya Publishing, Harian Kota, Antara, Magic Ink Magazine, Beranda Jogja, Pamityang2an, Hipwee, Grace.artevent, LasserNewsToday.com, MMTC Radio, koranbernas.idkoranbogor.comjurnalsumatra.comindofakta.com dan Radar Jogja.

Pers mahasiswa punya peran penting dalam menjaga keseimbangan antara birokrasi kampus dan rakyatnya (baca: mahasiswa) dan memiliki tugas sebagai kontrol sosial.

Maka, sudah menjadi sebuah tanggung jawab untuk mengawal demokrasi dan kebijakan yang dibuat negara, setidaknya di kampusnya sendiri. Untuk merayakan dan mengambil semangat dari ulang tahun LPM Pressisi ke-8 akan digelar Pameran Seni dan Arsip Jurnalistik yang berjudul “Visioner Berestetika”, yang diambil dari tagline LPM Pressisi yang berarti memiliki pandangan luas, lintas disiplin, ke depan tanpa mengabaikan prinsip-prinsip estetika dan artistik. 

Sedangkan subjudul “Berpikir dan Bekerja Keras” diambil dari konsep karya instalasi yang dibuat oleh tim pameran pressisi “Pintu Buku” dan “Pohon Kritik”.Pameran ini lebih banyak menampilkan arsip karya seni ilustrasi dan fotografi jurnalistik yang mencerminkan sosial, politik dan budaya dalam kampus maupun di luar kampus.

“Dan kita juga bisa menyimpulkan bahwa karya-karya seni tersebut yang membentuk keadaan sosial, politik dan budaya kita,” kataNeo Kaspara W didampingiCitra Conde S, Selasa(1/10/2019).

Selain itu digelar pula workshop yang diadakan Pressisi dan AJI tentang “Hoax Busting & Digital Hygiene” pada Minggu, 6 Oktober 2019 pukul 08.00 WIB di Ruang Audio Visual Grafis, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta. Sebagai narahubung  adalah Bayu 0896 7218 2733 dan Neo 0857 0107 6972.

Adapun untuk “Coming Really Soon” digelar pada 4 – 10 Oktober 2019 di Galeri Fajar Sidik, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Jl Parangtritis, KM 6,5, Sewon, Bantul. (Affan)