Pasipers Kodim Wonogiri Hadiri LP/LS Peningkatan Penggunaan Ruang Laktasi

Nusantara

KORANBOGOR.com, WONOGIRI,- Bertempat di Ruang Pertemuan Mawar, Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, diselenggarakm Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program Peningkatan Penggunaan Ruang Laktasi di Kabupaten Wonogiri, Rabu (16.9/20).

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Kabid Kesehatan Masyarakat Mardiyanto, Pasipers Kapten Arm Agus Setyono, kepala UPTD Puskesmas 1 Wonogiri dr. Pitut, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Gizi Siti Mawarni, Bag. Hukum Setda Didik, dan dinas instansi terkait.

Saat menyampaikan laporan, Siti Mawarni menjelaskan, pertemuan tersebut dibagi dua sesi, karena saat ini masa pandemi Covid19 pada pagi dan siang hari masing-masing diikuti 25 peserta.

Pertemuan digelar lanjunya saat sekarang ini juga dalam upaya dalam pencegahan ‘stunting’ yakni kekurangan gizi kronis yang terjadi di periode awal pertumbuhan dan perkembangan anak

Sementara itu, Mardiyanto menjelaskan, asupan asi ekslusif yang diberikan baru sekitar 48 %. Asi Eklusif sendiri diberikan bayi sampai dengan umur 6 bulan tidak boleh diselingi susu formula, karena ada hubungannya dengan sistem imunitas dari bayi tersebut.

Lebih lanjut Mardiyanto mengatakan, jika kebutuhan ASI tercukupi dengan baik maka akan meningkatkan imun ‘kekebalan’ dari bayi tersebut sehingga kesehatannya pun akan terjaga dengan baik.

“Oleh karenanya bagi yang belum ada fasilitas ruang laktasi diharapkan segera dibuat guna mencukupi kebutuhan gizi dari generasi sekarang dan masa depan. Karena dampak dari anak-anak yang kurang gizi, gizi buruk atau stunting itu akan berpengaruh pada 15 tahun dari sekarang,” ulasnya.

“Kami harapkan dalam rangka untuk penyediaan ruang laktasi ini akan meningkatkan status gizi pada anak-anak kita yang akan datang sebagai generasi penerus bangsa,”pungkasnya.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber, antara lain dari dr. Pitut, Didik dan dari salah satu Perusahaan Susu di Kabupaten Wonogiri.***

Penyaji :Arda 72