Patroli Malam Gabungan Beri Sanksi Warga Yang Berjaga Tanpa Pakai Masker

Nusantara

KORANBOGOR.com,–BOYOLALI,– Patroli keamanan malam dan operasi gabungan tertib masker kembali digelar oleh Jajaran Kodim 0724/Boyolali Babinsa Koramil 10 Sambi Serka Edi Mulyanto dan Polres Boyolali di Desa Demangan, Kecamatan Sambi.

Pada giat itu berhasil menjaring sejumlah warga dan pemuda yang berkumpul tetapi tidak mengenakan masker. Jumat malam.

Serka Edi mengatakan giat tersebut pada warga ini digelar mungkin sudah ke sekian kali, namun setiap digelar masih masih juga didapati warga yang tak pakai masker terlebih pada malam hari, padahal sosialisasi dari pemerintah baik lewat media televisi, media cetak dan online maupun sosialisasi ke desa-desa sudah dilakukan.

“Operasi pendisiplinan pakai masker ini sudah berulang kali, tetapi masih saja ada warga yang tak pakai masker, padahal sosialisasi dalam penyampaian protokol kesehatan tentang Covid 19 ini ada dimana-mana. Sedang patroli keamanan sendiri adalah untuk antisipasi adanya gangguan kamtibmas” tutur Serka Edi.

Lanjutnya kali ini bagi warga yang terjaring tak gunakan masker dikenai sanksi berupa push up, mengucapkan Pancasila maupun menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebagai efek jera. Walaupun warga bersangkutan juga sedang melaksanakan jaga malam atau ronda.

Sejumlah pihak katanya sudah berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan kesadaran masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, utamanya dimulai dengan disiplin pada diri sendiri lalu keluarga dan orang-orang disekitar, semua dilakukan demi kepentingan bersama.

“Giat ini bertujuan untuk mengingatkan kembali pada warga akan bahaya Covid 19 yang masih ada. Dengan gunakan masker kemana-mana, kita sudah dapat memutus penyebaran Covid 19 di wilayah kita. Disiplin penggunaan masker itu dimulai dari diri kita sendiri, apabila semua disiplin pakai masker niscaya penyebaran covid 19 akan berhenti atau terputus,” imbuh Serka Edi.***

Penyaji :Agus Kemplu