PENANAMAN NILAI NILAI PANCASILAPADA SISWA SEKOLAH DASAR

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pada setiap tanggal 1 oktober selalu diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila. Momentum ini harusnya dijadikan refleksi bagi seluruh elemen bangsa Indonesia, apakah nilai nilai Pancasila sudah tertanam dalam diri kita ? Berdasarkan hal tersebut, maka sangatlah penting untuk menanamkan nilai nilai Pancasila kepada diri siswa sekaolah dasar yang merupakan pondasi generasi penerus bangsa.

Penanaman nilai nilai Pancasila erat kaitannya dengan pendidikan karakter bagi siswa, terutama bagi anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Penanaman nilai nilai Pancasila bagi anak SD merupakan salah satu awal penanaman dan pembentukan karakter siswa. Hal tersebut bertujuan agar siswa menjadi pribadi yang baik dan nantinya menjadi warga negara yang baik pula.

Untuk menanamkan karakter pada diri siswa melalui nilai nilai Pancasila Guru memiliki peran yang sangat penting. Karena Guru merupakan pembimbing siswa ketika di sekolah. Penanaman nilai nilai Pancasila sebagai pondasi pembentukan karakter siswa, Guru dapat melakukan berbagai cara berikut :

1.Melalui pembelajaran di  dalam kelas 

Penanaman nilai nilai Pancasila kepada siswa , Guru dapat menggunakan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Melalui pembelajaran tersebut diharapkan siswa mengenal apa itu Pancasila, nilai apa saja yang terkandung di dalamnya dan manfaat apa yang diperoleh dengan mengamalkan nilai nilai Pancasila? Materinya dapat disesuakan dengan kemampuan siswa sehingga siswa mudah untuk mengamalkannya.

        2. Memberikan contoh yang mencerminkan nilai nilai Pancasila

              Guru dapat memberikan contoh prilaku yang mencerminkan nilai nilai Pancasila di sekolah,

              Karena guru menjadi tauladan bagi siswa di sekolah. Guru harus berprilaku yang sopan lemah lembut , datang tepat waktu, membiasakan berjabat tangan, bersikap jujur dan adil kepada semua siswa. Sehingga siswa akan menontoh apa yang telah dilakukan oleh gurunya.

        3. Membiasakan sikap disiplin kepada siswa

             Menanamkan nilai nilai Pancasila juga bisa dilakukan oleh guru dengan membiasakan sikap displin pada diri siswa. Membiasakan sikap disiplin terhadap diri siswa bisa dilakukan dengan mematuhi tata tertib sekoalah. Tata tertib sekoalh juga berlaku kepada guru sehingga siswa akan bersikap disiplin dalam menjalankan tata tertb tersebut.

        4. Melatih siswa untuk rajin beribadah

             Penanaman karakter juga tidak terlepas dari sikap relegius siswa , guru dapat mendorong  dan melatih siswa untuk untuk rajin beribadah. Nilai ketuhanan merupakan pondasi bagi siswa dalam segala prilaku kehidupannya.

           5. Membudayakan senyum, sapa, dan salam

               Sikap senyum , sapa, dan salam perlu dibudayakan di lingkungan sekolah. Dengan membudayakan 3 s akan menanamkan kebiasaan untuk saling menghormati  sesama umat manusia 

Dengan sendirinya siswa sudah dapat mengamalkan sila ke 2 dari pancasila.

(Red/ Ridho rahamawanNim:2018015087Dari universitas sarjanawiyata Tamansiswa )