Pendidikan SD di Era Globalisasi

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah  usaha membina dan mengembangkan kepribadian manusia baik secara rohani dan jasmani. Pendidikan juga dimaksud sebagai suatu proses  perubahan sikap dan keterampilan seperti pengajaran keterampilan, pelatihan serta penelitian, dengan pendidikan mampu memberantas buta huruf pada sekelompok orang.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”.

Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan yaitu di lingkungan keluarga  (Pendidikan Informal), lingkungan masyarakat (Pendidikan Nonformal), dan lingkungan sekolah (Pendidikan Formal).

Penyelenggaraan pendidikan formal pertama dalam tingkat dasar adalah sekolah dasar. Di sekolah peserta didik mengalami proses pendidikan dan pembelajaran.

Di sekolah dasar sangatlah berpengaruh besar dalam mengembangkan kualitas diri peserta didik untuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Selain itu ada guru yang sangat berperan penting dalam pengembangan peserta didik, guru tidak hanya memberi pelajaran saja tetapi juga mengembangkan karakter yang baik kepada peserta didik seperti saat ini dalam era globalisasi.

Dalam era globalisasi menjadi tantangan seorang guru dalam memberikan pendidikan bermutu secara profesional.

Dalam kehidupan di era globalisasi sekarang ini sangat menuntut guru harus lebih bisa dalam teknologi digital karena anak usia dini di era globalisasi sudah mampu menguasai dunia digital,maka guru dan orang tua yang harus lebih memantau kegiatan anak dalam menggunakan teknologi seperti bermain gadget yang dapat mempengaruhi proses belajar pada anak.

Selain itu, guru harus memiliki tata krama yang baik, berakhlak agar bisa memberi contoh yang baik kepada peserta didik dan mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas.

Sebagai seorang guru tentunya ingin memberikan pembelajaran yang baik kepada peserta didik apalagi di era globalisasi yang membuat guru harus lebih aktif dan bekerja keras dalam memberikan ilmunya kepada murid.

Pada zaman sekarang ini menekankan guru harus  bisa menghadapi tantangan di era globalisasi yaitu dengan cara memberikan orientasi pendidikan tidak hanya berupa teori-teori saja melainkan dengan praktik untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam belajar, sehingga siswa juga mampu mengembangkan keterampilan.

Dalam proses belajar mengajar guru harus mengembangkan suatu pembelajaran agar terbentuknya karakter kemandirian pada siswa sebagai bekalnya nanti dikemudian hari.Selain itu, guru harus benar-benar menguasai materi pelajaran yang akan disampaikan ke peserta didik.

Jadi, dalam era globalisasi sangatlah berpengaruh dalam pendidikan, sehingga guru sangat di tuntut untuk bisa memberikan pendidikan yang baik kepada peserta didik.

Sebenarnya  tidak hanya guru saja yang berperan dalam pendidikan di era globalisasi tetapi orang tua dan masyarakat juga berperan dalam pendidikan seorang anak.

Proses pendidikan tidak hanya di sekolah saja melainkan juga di lingkungan masyarakat yang dapat mengembangkan sikap dan prilaku yang lainnya sehingga bisa mengembangkan karakter yang lebih optimal dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

(Red/Reny Septiani,Nim :2018015057,Status : Mahasiswi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )