Pentingnya Menumbuhkan Kebudayaan Di Sekolah Dasar

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTASeperti yang telah kita ketahui, wilayah Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke.Setiap daerah dari Sabang sampai Merauke memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda-beda. Jadi Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya.

Budaya merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh suatu kelompok, atau individu yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Pada zaman yang modern ini, kebudayaan-kebudayaan  yang kita miliki telah banyak terlupakan. Hal ini disebabkan karena munculnya budaya baru yang masuk ke Indonesia.

Selain itu,  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin meningkat juga membuat kebudayaan itu secara perlahan mulai menghilang.

Sebenarnya perkembangan teknologi yang semakin meningkat dapat menimbulkan dampak positif dalam kehidupan masyarakat.

Akan tetapi, Semakin canggihnya perkembangan teknologi tersebut, maka akan semakin banyak pula dampak negatif yang ditimbulkan. 

Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi, yaitu dapat mempermudah setiap individu atau masyarakat dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien.

Selain itu dari perkembangan teknologi tersebut akan munculnya media massa seperti internet dan smartphone yang dapat mempermudah dalam kegiatan belajar.

Terutama kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar dalam upaya meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang kebudayaan.

Jadi mereka bisa mencari informasi dan sumber ilmu pengetahuan tentang keberagaman kebudayaan yang ada di Indonesia melalui internet.

Akan tetapi, sekarang ini banyak anak-anak yang menyalahgunakan teknologi tersebut.

Seperti yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, mereka lebih memilih untuk bermain game online dari pada mengakses berbagai informasi tentang keberagaman kebudayaan tersebut.

Hal ini lah yang akan membuat kebudayaan yang kita miliki menjadi terlupakan dan secara perlahan akan meghilang.

Oleh sebab itu, guru memiliki peran yang sangat penting  dalam menumbuhkan nilai kebudayaan kepada anak-anak di Sekolah Dasar. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajarkan pendidikan seni budaya sejak dini kepada anak-anak, sehingga mereka akan memiliki pengetahuan tentang berbagai macam kebudayaan.

Meningkatkan budaya literasi kepada anak tentang kebudayaan, seorang guru bisa menyediakan buku bacaan yang mengandung nilai kebudayaan atau juga bisa secara langsung membacakan cerita rakyat nusantara kepada anak.

Kemudian dengan mengenalkan berbagai macam pakaian adat serta masakan daerah yang ada di Indonesia. Mengajak anak untuk membuat kerajinan tangan yang bertemakan kebudayaan, seperti membuat miniatur rumah adat, dan membuat kerajinan anyaman.

Selain itu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengikutsertakan anak-anak secara langsung dalam berbagai perlombanaan yang bertemakan kebudayaan.

Hal ini dapat membuat anak menyukai dan mempunyai rasa bangga terhadap kebudayaan, sehingga mereka dapat mengembangkan dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Redm,Penulis Cecilia.Status : Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.)