Pentingnya Sekolah Dasar sebagai Langkah Awal yang Lebih Baik

Kampus Kita Nusantara

KORANNBOGOR.com,,YOGYAKARTA-Pengertian Sekolah Dasar bisa dikatakan sebagai suatu lembaga pendidikan yang bertugas membentuk tiga aspek pada diri anak, seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Ketiga aspek ini merupakan dasar atau landasan awal dalam membentuk peserta didik yang mempunyai pengetahuan, kepribadian, dan keterampilan yang baik.

Pendidikan juga merupakan upaya untuk menjadikan manusia menjadi manusia yang lebih baik dan menentukan kualitas diri seseorang di dalam lingkungan masyarakat.

Pendidikan Sekolah Dasar diselenggarakan untuk anak-anak yang telah berusia tujuh tahun.Kegiatan pembelajaran dilakukan selama enam tahun berturut-turut.

Pada saat inilah anak didik dikondisikan untuk dapat mengembangkan diri dengan sebaik-baiknya.Dengan asumsi sejak anak berusia tujuh tahun akan lebih mudah dalam proses belajar, mempunyai tingkat pemahaman yang tinggi dan kebutuhan pendidikan yang sesuai dengan dirinya. 

Melalui suatu bimbingan dari seorang guru/pendidik di sekolah siswa akan mulai mengetahui apa yang awalnya tidak ia ketahui.

Siswa akan mulai belajar untuk berinteraksi dengan teman, dan gurunya. Siswa juga akan diajarkan untuk mempunyai pengetahuan yang luas, kepribadian yang baik, dan siswa akan diasah untuk menonjolkan keterampilan yang dimilikinya.

Disinilah guru akan menemukan berbagai macam karakter siswa dengan tingkatan kemampuan yang berbeda-beda. 

Hal-hal yang harus dimiliki guru sebagai pendidik agar tujuan pendidikan tercapai yaitu:

  1. Guru sebagai Sumber Belajar, peran guru disini berkaitan dengan penguasaan materi. Guru harus menguasai materi yang akan diajarkan kepada siswa. Jadi apabila ada siswa yang bertanya guru mampu menjelaskan dengan baik sehingga siswa paham dengan apa yang disampaikan.
  2. Guru sebagai fasilitator, guru berperan memberikan pelayanan terbaik kepada siswa untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran. Dalam hal ini guru tidak hanya melayani dalam hal belajar saja, tetapi guru juga melayani siswa dalam hal yang lain. 
  3. Guru sebagai pembimbing, peran guru disini guru hanya memberi petunjuk pada siswa untuk menentukan mana yang benar dan salah. Guru tidak boleh memaksakan siswa harus menjadi ini, menjadi itu karena siswa akan tumbuh dan berkembang sesuai kemampuannya. 
  4. Guru harus mampu menjadi contoh yang baik bagi siswa, karena siswa pada tingkat Sekolah Dasar adalah tahap dimana siswa akan mudah meniru apa yang ia lihat di lingkungannya. 
  5. Guru sebagai pengelola,guru harus mampu mengelola dan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang. 
  6. Guru harus mempunyai kesabaran untuk menghadapi siswa. Karena siswa Sekolah Dasar mempunyai kebiasaan suka bermain dan selalu ingin diperhatikan oleh gurunya. Jadi guru harus bersikap adil kepada semua peserta didik tanpa membeda-bedakan siswa satu dengan yang lainnya.

Tentunya dengan pendidikan seseorang akan mengetahui hakikat dan tujuan hidup mereka. Pendidikan akan menjadi jalan bagi siswa dalam menuju kehidupan yang lebih baik.

Pendidikan tidak hanya bertugas memberikan ilmu pengetahuan. Pendidikan Sekolah Dasar juga bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, dan keterampilan.

Karena Sekolah Dasar akan menjadi pondasi yang kokoh  dan berguna ketika anak akan menempuh pendidikan ditingkat yang lebih tinggi. 

Maka sangat penting peran seorang pendidik dalam hal ini. Guru harus menjadi contoh yang baik, mendorong siswa dan lebih memperhatikan setiap perkembangan pada anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai tujuan pendidikan.

Sehingga diharapkan dari apa yang telah diajarkan guru kepada siswa dapat di implementasikan dengan baik di kehidupannnya, tidak  hanya di lingkungan sekolah tetapi juga lingkungan keluarga, dan masyarakat.

(red/Velisia,Status: Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansisiwa Yogyakarta )