Peran Penting Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar

Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. (Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 1989 Pasal 1).

Pendidikan adalah suatu proses sadar dan terencana dari setiap individu maupun kelompok untuk membentuk pribadi yang baik dan mengembangkan potensi yang ada dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan yang diharapkan.

Fenomena zaman sekarang yang mengalami perubahan bukan hanya berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, ada perubahan dan pergeseran dalam aspek nilai moral yang terjadi pada masyarakat. Kehidupan masa anak-anak zaman dulu sangat berbeda dengan kehidupan masa sekarang.

Era globalisasi dan kehidupan modern yang mengakibatkan pergeseran nilai sosial yang akan berdampak pada diri anak-anak.Tidak heran jika moral, etika, dan tingkah laku melanda pada anak-anak saat ini.

Perubahan yang mengarah pada gaya kebarat-baratan. Saat ini permainan tradisional seperti layang, engrang, congklak, gangsing, dll sudah di anggap kuno. Sehingga anak-anak lebih suka bermain game online.

Sekarang banyak sekali anak di Sekolah Dasar salah pergaulan seperti merokok, meminum minuman keras, perkelahian siswa, dan banyak lagi.

Maka dari itu guru memiliki peran penting untuk membentuk karakter siswa di Sekolah Dasar. Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa.

Peran guru sebagai pendidik merupakan peran-peran yang berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan atau dorongan, tugas-tugas pengawasan dan pembinaan serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplikan anak agar menjadi patuh terhadap aturan-aturan di sekolah.

Peran guru sebagai model atau contoh bagi anak. Guru harus memberi contoh yang baik kepada peserta didik, karena setiap anak mengharapkan guru sebagai contoh atau model baginya.

Peran guru sebagai komunikator. Peran guru diharapkan dapat berperan aktif dalam pembanguan di segala bidang yang sedang dilakukan. Guru membuat rencana mengajar, mencatat hasil belajar dan sebagainya. Peran guru di sekolah ditentukan oleh kedudukannya sebagai orang dewasa, sebagai pengajar dan pendidik dan sebagai pegawai. Berdasarkan kedudukannya sebagai guru ia harus menunjukkan kelakuan yang layak bagi guru menurut harapan masyarakat.

Membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda, mulai dari lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat dengan meneladani para tokoh yang memang patut untuk di contoh.

Penulis : Fitrah Emilda