Peran Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Nusantara

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Seiring perkembangan zaman pada saat ini teknologi sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar, mulai dari Sekolah Dasar hingga jenjang yang lebih tinggi.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat dan menarik untuk dinikmati di kalangan anak-anak hingga dewasa, bahkan ada sebagian Sekolah Dasar yang menyediakan beberapa teknologi dalam proses pengajaran.

Dengan pemanfaatan teknologi sebagai inovasi yang dilakukan guru, dapat diyakini proses belajar mengajar akan lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Jika teknologi digunakan atau dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, proses belajar-mengajar bisa dimaksimalkan.

Tetapi, perlu disadari, teknologi juga memberikan dampak negatif terhadap siswa atau peserta didik jika salah dalam pemanfaatannya.

Dengan demikian, teknologi ibarat sebuah pedang bermata dua, yang mempunyai dampak positif dan negatif bagi kehidupan.

Salah satu proses pembelajaran yang bisa dilakukan yaitu Guru masuk ke dalam kelas dan mulai menerangkan konsep yang ditampilkan di papan tulis yang interaktif serta memberikan soal latihan,lalu kamera belakang merekam aktivitas belajar mengajar, lalu murid tersebut mengerjakan.

Jika ada salah seorang murid tidak mengerjakan, maka wajahnya akan tampil di papan tulis dan akan masuk ke catatan siswa tersebut,lalu orang tua menerima pemberitahuan tersebut,pelajaran tadi akan otomatis diunggah ke server sekolah dan dapat diunduh oleh siswa di rumahnya melalui internet sehingga siswa bisa membuka kembali pembelajaran yang belum dia pahami,bila tidak mengerti tidak akan menanyakan kepada gurunya keesokan harinya.

Dengan cara tersebut siswa tidak akan membuang kertas. Data bisa disimpan di server sekolah. Semua data tercatat dengan rapi.

Meski ada biaya yang harus dialokasikan, hasilnya sebanding dengan yang diharapkan.

Contoh penggunaan teknologi yang Efektif khususnya di Sekolah Dasar yaitu papan tulis touchscreen,tiap meja memiliki satu buah tablet (dengan OS khusus dan dapat dikontrol oleh guru pembimbing),fasilitas telekomunikasi,perangkat proyektor/LCD, belakang kelas terdapat satu buah kamera, dan tersedia jaringan wifi yang memadai.

Dampak positif dari penggunaan teknologi di sekolah yaitu siswa dapat mengulang pelajaran sendiri, latihan soal di mana pun dan kapan pun, orang tua dapat mengontrol kegiatan belajar-mengajar anak tanpa harus datang ke sekolah dengan sistem ini, sekolah dan orang tua akan dijembatani oleh teknologi, begitu pun siswa.

Sedagkan dampak negatifnya yaitu pengunaan gadget dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata siswa menjadi minus, siswa lebih asyik menggunakan gadget dibandingkan buku tulis, siswa lebih cenderung mengetik dari pada menulis dengan tangan.

(Red/Wijayanti Fitriya Wulandari NIM :2018015037Status : Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )