Peringati Hari Veteran, Dan Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke 75, Ijo Organik Berbagi Di Kampung Lansia

Nusantara

KORANBOGOR.com, KARANGANYAR,–Peringatan Hari Veteran dan Menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke 75, produsen susu etawa, Ijo Organik bersama komunitas PSC dan Karangtaruna Desa Sedayu melakukan aksi sosial peduli lansia.

Giat sosial ini diwujudkan dengan membagikan paket sembako di Desa Sedayu, Kecamatan Jumantono Kabupaten Karangnyar. Turut hadir Babinsa setempat Sertu Suwandono anggota Koramil 13/Jumantono, Sabtu 15 Agustus 2020.

“Pembagian dilakukan pagi tadi, dengan sistem jemput bola, yakni langsung memberikan kepada lansia. Proses pembagian pun juga dilakukan dengan menerapkan protokoler kesehatan, yakni pengecekan suhu badan, memakai masker dan mewajibkan untuk selalu jaga jarak atau physical distancing,”jelas alin, External Relations Ijo Organik.

Dikatakan Alin, pembagian sembako ini ditujukan pada mereka yang sudah berusia lanjut atau lansia. Selain itu, bantuan juga kepada veteran atau pejuang kemerdekaan. Pihaknya menyediakan sekitar seratus lebih sembako, yang berisikan beras, telur, mie, minyak, minuman seduh dan susu kambing etawa.

“Kami sengaja memberikan susu etawa, karena ijo organik merupakan produsen susu etawa dan kandungan nutrisi dari susu murni kambing etawa ini mengandung antibiotik alami yang bagus untuk pernafasan dan kalsium yang lebih tinggi dari susu sapi. Dua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh lansia,”tuturnya.

Dengan terpilihnya Desa Sedayu sebagai tempat aksi sosial lanjut Alin, bermula dari agenda PSC yang sudah beberapa kali melakukan kegiatan di Desa Sedayu dan keberadaan lansia di desa ini.

“Ini bukan kedatangan kami yang terakhir, pastinya kami akan datang lagi dengan program yang membangun, dan kedepan kami bisa bersinergis dengan semua pihak untuk bersama sama peduli lansia,”imbuhnya.

Sementara itu, Kades Sedayu Sunarso menyatakan, di Desa Sedayu terdapat seratus lebih warga yang berusia lanjut atau lansia.

Menurutnya bicara lansia tentu tidak hanya soal ekonomi, tapi juga perhatian, dan ini disudah diawali oleh Komunitas PSC bersama lembaga lainya termasuk Ijo Organik, harapannya pihak lain akan menyusul.

“Dan yang saya tekankan peduli lansia tidak harus di Desa Sedayu, tapi juga bisa didesa lain dimanapun, karena lansia memang membutuhkan perhatian dan kepedulian dari semua pihak, tidak hanya pemerintah namun juga komunitas atau lembaga swasta lainya,”ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Koordinator dari Pejuang Sosial Community (PSC) Karanganyar Marfuah Dwi Nuryati, membangunan kepedulian pada lansia ini bisa dilakukan dimanapun dan oleh siapapun. Terlebih dengan kondisi saat ini (Covid 19), nasib lansia ini menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah, tapi juga semua pihak tanpa melihat status, usia, profesi ataupun komunitas.

“Banyak program yang dilakukan pemerintah apalagi dengan kondisi saat ini, untuk itu jangan menunggu uluran pemerintah, mari bareng bareng peduli dengan sesama, termasuk salah satunya lansia, mereka juga butuh perhatian, tidak hanya kebutuhan ekonomi tapi juga dukungan psikis,” imbuh Marfuah.

Penyaji : Arda 72 Pendim Surakarta