Personel Kodim 0735/SKA Dibekali Pelatihan Pemadam Kebakaran

Berita Nusantara

KORANBOGOR.com, SURAKARTA-Seluruh Personil Kodim 0735/Surakarta, baik dari unsur militer, sipil dan juga Anggota Persit Cabang L mengikuti giat pelatihan pencegahan dan pemadaman kebakaran di Aula Makodim, Jln. A Yani No.349, Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Kota Solo di lanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran diselenggarakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Surakarta, Selasa (30/7/2019).

Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan S.E saat menyambut tim Dinas Damkar Kota Solo, menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran tim Dinas Damkar yang telah berkenan memberikan pelatihan pencegahan dan pemadaman kebakaran di Kodim Surakarta.

“Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita, saya berharap seluruh anggota bisa mengikuti sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh dan seksama” ujar Letkol Inf Ali Akhwan.

Kepala Seksi Evakuasi dan Penyelamatan Dinas Damkar Kota Surakarta Suharyanto saat memberikan materi pelatihan menyampaikan sejumlah faktor penyebab kebakaran diantaranya disebabkan oleh alam,  manusia dan kebakaran yang disebabkan binatang.

Kebakaran yang disebabkan oleh alam kata Suharyanto, diantaranya petir, gempa bumi, gunung meletus, panas matahari dan lain-lain.

Sedangkan kebakaran yang disebabkan oleh manusia lanjut Suharyanto, lebih disebabkan karena adanya unsur kesengajaan, pembalakan liar, balas dendam.

Kelalaian lainnya, kata dia karena lupa mematikan tungku pembakaran saat meninggalkan rumah, kurang pengertian seperti membuang rokok sembarangan, merokok didekat pengisian bahan bakar dan masih banyak lagi penyebab kebakaran.

“Oleh karena sifat kebakaran dimana mengakibatkan banyak kerugian, maka untuk mencegah terjadinya kebakaran harus diadakan pengawasan bersama terhadap segala potensi-potensi kebakaran. Menyediakan sarana pemadam kebakaran aktif maupun pasif di area yang berpotensi tinggi terjadi kebakaran. Dengan demikian dapat diupayakan pencegahan kebakaran secara dini,” ulas Suharyanto.

Setelah pemaparan materi teori selesai pelatihan dilanjutkan dengan praktek dilapangan dengan pencegahan dan pemadaman kebakaran yang diikuti oleh seluruh anggota. (Arda 72, Pendim 0735 Surakarta).