PT Pertamina: Mulai Tahun Depan,Pembayaran Di SPBU Non Tunai

Nusantara

KORANBOGOR.com,CIREBON-PT Pertamina menargetkan bisa menerapkan pembayaran nontunai secara penuh di seluruh SPBU mulai tahun depan. Saat ini, porsi pembayaran nonunai untuk pelayanan pembelian BBM baru mencapai 20-25 persen.

“Kami mendorong transaksi di SPBU menggunakan nontunai. Apakah melalui akun bank atau e-money atau LinkAja,” kata Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas’ud Khamid di Cirebon, Jawa Barat, Selasa, (24/12/2019).

Pertamina, kata Mas’ud, tengah melakukan digitalisasi nozzle SPBU. “Sekarang ini SPBU kami sedang tahap instalasi digital sehingga penjualan bisa dimonitor setiap waktu,” ujarnya.

Dia berharap proses digitalisasi nozzle selesai pada akhir kuartal I-2019. Dengan begitu diharapkan penerapan transaksi pembayaran nontunai secara penuh akan dilakukan bersamaan dengan selesainya proses digitalisasi nozzle.

“Penggunaan nontunai ini supaya konsumen bisa kami data, tujuannya untuk memudahkan Pertamina menyiapkan stok dan menyiapkan produk yang sesuai,” katanya.

Mas’ud mengakui tantangan pembayaran nontunai penuh di SPBU Pertamina tidak mudah. “Kami masih punya tantangan 75 persen lagi dan ini akan kami kejar, agar bisa menggunakan transaksi non tunai,” tuturnya.(Red)