Puan Mundur Dari Menko PMK,Jokowi Tunjuk Darmin Nasution Plt Menko

Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARRTA-DPR RI selesai mengadakan rapat konsultasi bersama perwakilan setiap fraksi untuk menentukan pimpinan DPR periode 2019-2024. Ketua DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, mengungkapkan dalam rapat itu disepakati PDIP menempati ketua DPR yang akan diisi Puan Maharani.

“Puan Maharani, ketuanya,” kata Abdul di Gedung DPR, Senayan, Selasa (1/10).

Sementara itu, wakil ketua DPR juga telah disepakati. Gerindra diwakili oleh Sufmi Dasco Ahmad, NasDem diwakili Rachmat Gobel, dan Azis Syamsuddin dari Golkar.

Sementara PKB masih meminta waktu menentukan siapa kader yang dipilih menempati posisi tersebut.
“PKB belum. Dia (PKB) minta waktu satu jam lagi kirim nama,” tuturnya.

Puan Maharani (kedua kiri) saat menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Ia menjelaskan, pada Selasa pukul 19.00 WIB nanti, Puan Maharani bersama wakil ketua DPR yang telah ditunjuk partainya akan diambil sumpah jabatannya dalam rapat paripurna oleh Mahkamah Agung. Setelah itu, DPR akan memiliki pimpinan definitif.

“Menetapkan tanggal pengambilan sumpah janji ketua definitif untuk seterusnya. Nanti malam pukul 19.00 WIB ada rapat paripurna untuk ambil sumpah janji ketua DPR yang definitif,” ucap Abdul.

Selain pimpinan definitif, rapat konsultasi juga turut menetapkan 9 fraksi yang akan bekerja untuk lima tahun ke depan. “Menetapkan fraksi-fraksi di DPR RI dengan kata lain ada 9 fraksi,” tutupnya.

Puan Maharani telah mengundurkan diri sebagai Menko PMK sejak 30 September lalu karena terpilih menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Perekonomian Darmin Nasution menggantikan Puan sebagai Plt Menko PMK.(red)