Real Madrid Sukses Juara Liga Spanyol

Internasional Nusantara Olahraga

KORANBOGOR.com,MADRID-Real Madrid sukses mengunci gelar juara Liga Spanyol setelah mengalahkan Villarreal 2-1 di Stadion Alfredo Di Stefano, Jumat (17/7) dini hari. Dengan satu laga tersisa,koleksi 86 poin Madrid tak lagi bisa dikejar Barcelona yang di laga lainnya tunduk 1-2 dari Osasuna di Camp Nou sehingga tertinggal tujuh poin.

Karim Benzema menjadi bintang kemenangan Los Blancos. Pemain asal Prancis itu mencetak dua gol ke gawang The Yellow Submarine pada menit ke-29, serta melalui eksekusi tendangan penalti pada menit ke-77. Villarreal memperkecil ketertinggalan pada menit ke-83 melalui gol Vicente Iborra.

Madrid sempat mencetak gol ketiga lewat tendangan Marco Asensio pada injury time. Tetapi gol itu dianulir Video Assistant Referee (VAR) lantaran ada pelanggaran handball yang dilakukan Benzema.

”Ini perasaan yang luar biasa karena apa yang telah dilakukan para pemain benar-benar mengesankan,” kata pelatih Madrid, Zinedine Zidane.

”Saya kesulitan menggambarkan perasaan saat ini. Liga Champions adalah Liga Champions, tetapi gelar liga ini terasa lebih bahagia karena kompetisi Liga Spanyol benarbenar mengagumkan,” sambungnya.

Titel Liga Spanyol 2019/2020 ini menjadi gelar LaLiga ke-34 Madrid sepanjang sejarah. Los Merengues terakhir kali menjadi kampiun Negeri Matador pada musim 2016/2017.

Bagi Zidane, ini menjadi gelar Liga Spanyol kedua sebagai pelatih Madrid. Sebelumnya ia juga sukses mempersembahkan tiga trofi Liga Champions secara beruntun.

Keberhasilan Madrid mengunci gelar kampiun LaLiga mendapat apresiasi dari Florentino Perez, Presiden El Real. Dia menyebut titel musim ini spesial lantaran Sergio Ramos dan kolega mampu mendongkel Barcelona dari puncak klasemen seusai masa lockdown, serta meraih kemenangan beruntun sejak kompetisi bergulir lagi pada Juni lalu.

”Kami sangat bahagia. Semua penggemar, staf pelatih, para pemain. Masa lockdown menjadi sangat penting buat seluruh pemain,” ungkap Perez.

”Mereka berlatih dengan baik dan punya mental serta motivasi buat kembali dan memenangkan gelar ini. Pencapaian ini tentu tidak mudah, tetapi kami semua melihat buah perjuangan yang mereka lakukan.Gelar Liga yang spesial ini akan masuk dalam sejarah Madrid,” imbuhnya.

Kesuksesan Madrid juara di LaLiga disambut suka cita para penggawanya. Seluruh pemain Los Blancos langsung diserahi trofi, serta mengangkat Zidane selaku pelatih mereka ke udara dengan bahagia.

Pelatih asal Prancis itu memang dianggap sebagai otak di balik kesuksesan Madrid memutus dominasi Barcelona di Liga Spanyol sejak tahun 2018. Hal tersebut diamini sepenuhnya oleh kapten Madrid, Sergio Ramos.

Di mata Ramos, kesuksesan ini merupakan buah kerja keras timnya yang yakin dengan kepemimpinan Zidane. Ramos menyebut pelatih 48 tahun itu tak ubahnya Raja Midas yang mampu membuat segala yang disentuhnya menjadi emas. ”Zidane adalah kuncinya.

Kami percaya padanya dan apa yang dikerjakannya. Setiap kali dia datang, segala yang disentuhnya berubah menjadi emas. Dia unik banget,” ujar Ramos.

Start Madrid di bawah arahan Zidane pada musim ini tidak berjalan mulus. Kendati berhasil memenangi Piala Super Spanyol pada Januari 2020, performa Los Blancos di liga tak konsisten. Madrid bermain seri dua kali dari tiga laga pertama musim, kontra Valaldolid dan Villarreal.

Inkonsistensi itu pun berlanjut pada paruh pertama kompetisi termasuk ketika Sergio Ramos dan kolega ditahan Athletic Bilbao 0-0 di Santiago Bernabeu pada 23 Desember dan Celta Vigo 2-2 pada medio Maret.

Madrid menelan kekalahan saat menghadapi Mallorca, Levante, dan Real Betis. Kekalahan 1-2 kontra Real Betis pada 9 Maret tersebut ternyata menjadi partai terakhir Madrid sebelum LaLiga dihentikan karena pandemi virus korona.

Madrid tertinggal dua poin di belakang Barcelona dengan 11 laga tersisa saat kompetisi Liga Spanyol dihentikan sementara.

Namun, begitu kompetisi dimulai lagi pada pertengahan Juni, anak-anak asuhan Zinedine Zidane langsung tancap gas.

Mereka memenangi 10 laga secara beruntun termasuk mencatatkan enam clean sheet setelah lockdown. (Red)