SEKOLAH ADIWIYATA SDN GOLO YOGYAKARTA

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA- Fenomena sekolah berbudaya Adiwiyata sudah tidak asing lagi didengar.Adiwiyata sendiri memiliki tujuan yang sangat berguna salah satunya menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran dalam upaya menyelamatkan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

Program Adiwiyata ini  salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2018 dalam rangka mendorong siswa agar melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Program sekolah Adiwiyata ini upaya meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman, lingkungan yang sehat dan bersih sekolah adiwiyata bukan sebatas lomba.

Program sekolah Adiwiyata yang diterapkan di SD N Golo salah satunya program melestarikan hidup bersih dan sehat, program membiasakan sikat gigi.

Setiap hari Jum’at khusus di akhir bulan sekolah ini mengadakan Jum’at Adiwiyata. Program yang diadakannya mulai dari membawa tanaman dan ditanam bersama-sama di sekolah.Salah satu prinsip dari Adiwiyata sendiri menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah. 

Sekolah ini juga mendorong siswa agar hidup dengan sehat dan bersih yang dilakukan setiap Jum’at Adiwiyata, Sekolah ini siswa membawa bekal dari rumah. Bekal yang dibawa meliputi makanan sehat seperti nasi, sayur-sayuran,lauk pauk, buah-buahan yang mengurangi makanan instant.

Siswa juga di biasakan untuk sikat gigi, mencuci tangan,dan membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan golongan sampah organik dan non organik. Program Adiwiyata ini juga salah satu untuk menyadarkan siswa dalam kebiasaan yang baik dan hidup sehat.

Aktivitas sekolah Adiwiyata dapat berupa langkah-langkah awal seperti stop membuang sampah sembarangan, penanaman pohon ( satu anak satu tanaman), kebiasaan hidup bersih sikat gigi dipagi hari, kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, aksi makan makanan sehat dan mengurangi makanan instant.

Semua dimulai dari para pendidik, tenaga pendidik, dan peserta didik. Bermula dari diri sendiri, berlanjut di kelas, dan dijadikan budaya sekolah. 

Melalui kegiatan sekolah Adiwiyata kita berupaya menciptakan generasi berkarakter. Generasi yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Sekolah adiwiyata diwujudkan dalam bentuk tindakan atau aksi nyata di sekolah. Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang berjiwa cinta lingkungan hidup dalam pelestarian lingkungan hidup yang diterapkan melalui pendidikan karakter berkelanjutan.

Menjadikan insan yang senang dengan lingkungan yang sehat dan bersih, bebas dari sampah plastik, melestarikan lingkungan hidupnya.

(Red/ Dilla Ayu Anjarwati dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)