Siapa Yang Tak Kenal Pempek?

Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pempek adalah makanan khas Sumatera Selatan khususnya kota Palembang. Pempek Palembang merupakan makanan khas kota Palemebang yang terkenal juga dengan jembatan Amperanya serta sungai Musinya.

Makanan ini terbuat dari daging ikan yang digiling dari tepung kanji, kemudian dimasak dengan siraman kuah cuko. Menurut sejarah pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Tionghoa ke Palembang, yaitu sekitar abad ke-16 saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam.

Nama pempek diyakini berasal dari sebutan apek atau pek-pek, yaitu sebutan untuk paman atau lelaki tua Tionghoa.Pempek bisa kalian temukan dengan mudah saat kalian bermain ke Kota Palembang.

Ada yang menjual pempek di restoran, pinggir jalan, atau dipikul.

Penyajian pempek ditemani saus berwarna hitam kecoklatan yang disebut cuka atau cuko (Bahasa Palembang). Jenis pempek yang terkenal di kota Palembang adalah pempek kapal selam, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas.

Ada juga yang lain seperti, pempek telur kecil, pempek pastel, pempek kriting, pempek adaan (bulat), pempek kulit, pempek tahu, pempek lenjer, dll. Kebayang dong gimana enak nya pempek nya Wong Kito Galo, hehe.

Dari semua pempek yang sudah saya coba, saya merekomendasikan kalian buat coba pempek Lala,pempek Candy, dan pempek

Pak Raden, karena itu tempat jual pempek yang menurut saya cukup terkenal di kota Palembang. Selain pempek ber-cuko ada juga pempek panggang, lenggang, tekwan, otak-otak dan model.

Buat kalian yang belum pernah ke Palembang wajib sih buat coba main ke kota Palembang dan cobain semua jenis-jenis pempek disana.

(Red/ Penulis : Clara Anggun Mellenia , Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. )