Sosialisasi Penanggulangan Covid 19 Juga Sasar Pasar Penggung

Nusantara

KORANBOGOR.com, BOYOLALI-,–Personil gabungan TNI-Polri dan instansi terkait, seperti Anggota Koramil 01/Boyolali Kodim 0724/Boyolali Serda Jayadi, Anggota Polsek Boyolali dan petugas kesehatan dari Puskesmas Boyolali kembali menggelar operasi gabungan penegakan disiplin protokol kesehatan ‘protokes’, sosialisasi dan pembagian masker di Pasar Penggung Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Minggu (11.10/20).

Operasi tersebut digelar sebagai bentuk penegakan disiplin penerapan protokes, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Virus Corona di Kecamatan Boyolali terutama di pasar tradisional.

Kata Serda Jayadi sesuai pengamatan petugas gabungan dilapangkan, kebanyakan warga sudah memakai masker tetapi masih ada yang tidak benar dalam memakainya dengan alasan sesak nafas maupun kurang nyaman dalam beraktifitas.

Petugas gabungan sambungnya terus mensosialisasikan 3 M kepada para pengguna jalan, pedagang, pengunjung pasar. Jika ditemukan warga yang melanggar protokes, petugas mengenakan sanksi sesuai aturan yang ada, push up, membersihkan lingkungan seperti menyapu, atau menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga pengucapan Pancasila secara berurutan.

Serda Jayadi melanjutkan operasi ini sebagai instruksi dari Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid19 Kabupaten Boyolali.

“Operasi ini digelar sejak beberapa waktu yang lalu dan secara rutin dilakukan tak hanya di Kecamatan Boyolali tetapi di semua Wilayah Kabupaten Boyolali terutama di fasilitas umum yang sering menjadi ajang berkumpul seperti pasar tradisional,” kata Serda Jayadi.

Dia menambahkan selain kenakan sanksi, petugas juga membagikan masker secara gratis kepada semua pengunjung maupun pedagang pasar.

Sedangkan Kades Penggung Suyamto pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa TNI-Polri dan pihak instansi di Kabupaten Boyolali terus bersinergi demi menegakkan disiplin protokes, dengan demikian secara otomatis akan tumbuh kesadaran dari masyarakat untuk mengikuti himbauan pemerintah secara keseluruhan sehingga dapat menekan angka penyebaran Covid 19.

“Kegiatan ini akan kita lakukan terus menerus dengan saling bersinergi antara TNI -Polri dan instansi lain hingga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat sebagai usaha menekan perkembangan Covid19 di Kabupaten Boyolali, terutama di Desa Penggung,” jelas Kades.***

Penyaji :Agus Kemplu