Telkomsel Dukung Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital,Akselerasikan Ekosistem Digital Indonesia

Nusantara Teknologi

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Sebagai digital telco company, Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju untuk mengakselerasikan pembangunan bangsa melalui inovasi dan solusi berbasis pemanfaatan teknologi digital.

Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai upaya Telkomsel dalam mendukung pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Digital Nation pada 2020 dengan inisiatif-inisiatif yang mampu mendorong ekosistem digital di nusantara.

Hal ini diwujudnyatakan lewat partisipasi Telkomsel melalui The NextDev dalam peluncuran Gerakan 1.000 Startup Digital di Istora Senayan, Jakarta (18/8).

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini mengatakan, “Telkomsel selalu berupaya untuk mendorong kesiapan negeri untuk menjadi negara digital yang komprehensif, menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Kini, sudah saatnya seluruh generasi Indonesia terus bergerak maju menciptakan karya nyata dan inovasi tampil menjadi sumber daya manusia yang unggul di dalam pasar digital di Asia Tenggara, bahkan hingga mendunia.”

Emma menambahkan, sejalan dengan visi besar mendigitalisasi Indonesia, Telkomsel hadir menunjukkan komitmennya melalui berbagai inisiatif yang mampu meningkatkan kualitas generasi milenial digital Tanah Air.

Sehingga mereka dapat menciptakan startup-startup yang mampu memberikan solusi berbasis teknologi digital dalam membantu memecahkan masalah sosial dan ekonomi di tengah-tengah masyarakat secara berkelanjutan.

Salah satunya melalui program Ignite The Nation yang merupakan inisiatif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Melalui program ini, Telkomsel berkomitmen untuk menjadi enabler bagi masyarakat Indonesia dengan berbagai solusi digital yang senantiasa memberikan inovasi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, dalam sambutannya menyampaikan “Gerakan 1.000 Startup Digital sudah digelar sejak 2016 lalu.

Para perusahaan rintisan perlu melewati proses yang benar sehingga dapat menjadi startup yang sukses dan memiliki modal.

Hal ini diperlukan terciptanya ekosistem digital, seperti Telkom dan Telkomsel, yang terus bergerak untuk dapat terlibatdan turut menggerakan startup digital Indonesia, sehingga di masa mendatang Indonesia akan memiliki unicorn-unicorn baru.”

Ignite The Nation sendiri merupakan bagian dari Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang dilangsungkan untuk mengobarkan rasa patriotisme digital millennial di Indonesia sesuai spirit kemerdekaan Republik Indonesia.

Diharapkan, melalui gerakan ini, akan tercipta berbagai solusi digital inovatif bagi negeri yang bermula dari 1.000 mimpi, 1.000 ide, 1.000 karya dan 1.000 solusi yang akan menjadi solusi bangsa melalui sebuah program capacity building secara menyeluruh.

Untuk itu, Ignite The Nation memberikan serangkaian sesi panel seperti panel mentor sektor strategis, panel successful dream chaser, panel pemain ekosistem 1.000 Startup, yang kemudian diikuti sesi networking antar peserta.

Komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan peningkatan kualitas sumber daya manusia juga direalisasikan melalui dukungan terhadap Gerakan Nasional 1.000 Startup. Salah satunya diwujudkan dengan penyelenggaraan program The NextDev.

Sejak 2015, inisiatif ini sukses memajukan sekitar 5.000 early stage startup nasional yang memberikan dampak sosial positif bagi pertumbuhan negeri sekaligus menjadi motor penggerak ekonomi digital Indonesia.

Melalui The NextDev, Telkomsel melengkapi kemampuan dan kapabilitas perusahaan rintisan tersebut melalui edukasi mengenai pengembangan diri, pendalaman penelitian dan pengembangan pengguna, design sprint,branding, pengembangan produk, dan model bisnis.

Sepanjang perjalanannya, The NextDev terus memperluas cakupannya agar dapat memberikan manfaat lebih luas bagi talenta-talenta digital di seluruh Indonesia. Maka dari itu, inisiatif ini berkembang dengan melahirkan The NextDev On The Mission pada 2018.

Melalui program tersebut, Telkomsel memberikan fokus yang lebih dalam mengakselerasikan kemampuan dan kapabilitas pemuda di Indonesia Timur untuk menciptakan serta mengembangkan produk digital yang memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Selain berupaya untuk mengakselerasikan ekosistem digital, produktivitas, dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia Timur, The NextDev on The Mission, yang kini berganti nama menjadi, Telkomsel On The Mission, juga berfokus pada pengembangan masyarakat secara utuh.

Maka dari itu, Telkomsel On The Mission sudah sesuai dengan panduan United Nations mengenai Global Goals for Sustainable Development Growth yang meliputi good health and well-being hingga sustainable cities and communities.

Perluasan yang dilakukan Telkomsel terhadap The NextDev sekaligus menjadi bentuk dukungan bagi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang merupakan inisiatif dalam membangun bangsa dengan mencetak 1.000 startup yang menghadirkan solusi atas berbagai tantangan sosial melalui pemanfaatan teknologi digital.

Gerakan yang digagas oleh pemerintah melalui Kemenkominfo tersebut kini berkembang melalui The Next 1.000 Digital Startup dalam mengakselerasikan lahirnya perusahaan-perusahaan rintisan berkualitas baru.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju dalam mendorong sekaligus memperkuat para kreator produk digital agar menjadi sumber daya manusia yang unggul untuk bangsa.

Sehingga mereka mampu melahirkan inisiatif dan terobosan yang memberikan dampak sosial yang positif dalam mengakselerasikan negeri secara berkelanjutan dengan memberi nilai lebih dalam menghadirkan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Emma.

Berikut beberapa aplikasi dari The NexDev yang dihadirkan pada peluncuran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Istora Senayan, Jakarta (18/8), antara lain:

CAKAP

Cakap merupakan aplikasi yang menyediakan pembelajaran Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan Indonesia secara online. Kemudahan dalam mengakses materi merupakan hal penting dalam belajar bahasa asing. Dengan kursus bahasa asing secara online, para pengguna akan mendapatkan materi belajar berbentuk data digital secara fleksibel.

Tanpa perlu ke tempat kursus dan cukup menggunakan device sehari-hari, Cakap juga menyediakan program untuk korporasi serta khusus persiapan ke luar negeri kepada para penggunanya. Pengembangan program akan memudahkan interaksi antara guru dan murid yang diharapkan akan membantu masyarakat untuk berhasil dalam pembelajaran bahasa.

MARLIN BOOKING

Marlin Booking merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang dikembangkan yang memfasilitasi fitur booking dan pembelian tiket ferry dan kapal laut baik melalui aplikasi mobile maupun website. Marlin Booking menyadari pentingnya transportasi kapal laut dan perlunya kemudahan akses pembelian tiket alat transportasi laut seperti alat transportasi lainnya.

Marlin Booking juga menyediakan layanan transportasi maritim yang lengkap seperti mesin check-in, boarding, manifest, payment point online bank (PPOB), hingga fintech. Tak sampai di situ, Marlin Booking  juga bertekad mewujudkan digitalisasi maritim Indonesia dengan membangun super platform yang ke depannya menghadirkan port management, assets management, harbor management, dan warehouse management.

GANDENG TANGAN

Gandeng Tangan adalah wadah kolaborasi bagi pemilik usaha sosial dengan publik. Di sini, penggunanya bisa memberikan pinjaman minimal Rp 50.000 dengan bunga 0%. Berbagai wirausaha sosial yang telah didanai oleh Gandeng Tangan bergerak di berbagai sektor, mulai dari meminimalisir angka kematian ibu melahirkan sampai mainan anak-anak.

Gandeng Tangan mengutamakan kepercayaan dalam menggandeng para wirausahawan sosial dalam berkolaborasi untuk mendapatkan pinjaman. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan solusi yang mampu memberikan dampak sosial positif.

HABIBI GARDEN

Habibi Garden mengombinasikan model implementasi sensor agrikultur presisi dan teknologi Narrow Band Internet of Things (NB-IoT) Telkomsel. Dengan demikian, Habibi Garden mampu memberikan data

(red/ Aldin Hasyim,Manager Corporate Communications Area Jabotabek Jabar )