Tak Undang FPI,Wapres KH Ma’ruf Amin Kumpulkan Ormas Islam

Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh ormas Islam di rumah dinas wakil presiden, Jakarta, Kamis (28/11) malam.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pertemuan tokoh lintas agama yang digelar pada Selasa (26/11) lalu.

“Yang kemarin itu kan antarmajelis agama, sekarang ini merajutnya itu ukhuwah Islamiyah, supaya tidak berbenturan dengan wathoniyah (persaudaraan kebangsaan),” jelas Ma’ruf.

Pertemuan itu, lanjut Ma’ruf, juga menjadi ajang untuk menyamakan pendapat ormas Islam.

Sejumlah tokoh yang tampak hadir di antaranya Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Ketua ICMI Jimmly Ashidique, Ketua Syarikat Islam Hamdan Zoelva, Ketua Umum PP Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Ramadan Effendi atau Anton Medan, Ketua Umum PP Ikatan Dai Indonesia Ahmad Syatori Ismail, dan sejumlah tokoh lain.

Ma’ruf mengatakan, Front Pembela Islam (FPI) sengaja tak diundang dalam pertemuan tersebut. Ma’ruf beralasan FPI masih terkendala perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari Kementerian Dalam Negeri.

“(FPI) belum dulu. Tunggu keputusannya dulu,” katanya.

Sebelumnya, Ma’ruf menyatakan pemerintah masih harus mengkaji surat pernyataan FPI yang berjanji setia pada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di atas meterai.

Menurutnya, pemerintah tak bisa begitu saja mempercayai pernyataan janji setia dalam surat tersebut.

“Ya itu kan lagi dikaji dan harus dilihat secara komprehensif. Tentu bukan sekadar pernyataan tapi benar enggak pernyataan itu,” kata Ma’ruf.(Red)