#PesonaMudik2018: 10 Event Menanti Anda Saat Libur Lebaran Di Yogyakarta

0
194

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Wisatawan domestik dan asing diprediksi akan membanjiri Daerah Istimewa Yogyakarta pada libur Lebaran 2018. Hal itu didorong oleh semakin banyaknya destinasi wisata baru yang tersebar di media sosial. Selain itu beragam event menarik juga disiapkan untuk memanjakan wisatawan saat #PesonaMudik2018.

“Memasuki masa libur Lebaran yang sebentar lagi tiba, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyiapkan berbagai atraksi bagi para wisatawan. Pasalnya DIY merupakan salah satu destinasi utama para pemudik untuk mengisi libur Lebaran. Hal ini tentu semakin membuat #PesonaMudik2018 di Jogja makin menyenangkan,” ujar Menpar Arief Yahya, Sabtu (2/6).

Menpar menambahkan, sebagai salah satu daerah tujuan wisata, tentunya seluruh stakeholder pariwisata Yogyakarta dengan sigap bersiap menyambut wisatawan. Hal ini terwujud didalam #PesonaEventLebaran2018 yang digelar di Yogyakarta.

Berikut #10TopEventLebaran2018 di Yogyakarta yang telah disiapkan untuk meramaikan #PesonaMudik2018.

1. Gebyar Seni Mbeteng Minggir

Event ini akan berlangsung di Area Pemakaman Benteng Minggir, Sendangagung, Sleman. Acaranya berlangsung mulai 18 Juni hingga 30 Juni 2018.

Event ini siap memeriahkan libur Lebaran Anda dengan beragam kesenian daerah yang disiapkan. Dari mulai Kirab Budaya, Sholawatan, Jathilan hingga campur sari.

Begitu juga band musik modern serta tari tradisonal maupun tari kreasi. Selain itu juga disiapkan Ketoprak serta Karawitan Bocah. Dan sebagi penutupnya akan diadakan Wayang Kulit semalam suntuk.

2. Pameran Seni Rupa “Sirkuit: Ahli Waris Etape Satu”

Bagi pencinta seni, libur Lebaran di Yogyakarta akan makin terasa. Pasalnya di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja telah diadakan pameran seni rupa.

Pamerannya dijamin paten. Karena pameran ini memamerkan karya-karya seni dari Bagong Kussudiardja (alm), Otok Bima Sidarta, Butet Kartaredjasa, Djaduk Ferianto, Doni Maulistya.

Pameran berlangsung mulai 7 Mei hingga 30 Juni 2018. Galeri akan dibuka setiap hari Selasa hingga hari Sabtu, pukul 11.00-18.00 WIB. Dan yang pastinya Gratis.

3. Pasar Lebaran Sleman

Saatnya belanja sembako untuk persiapan Lebaran! Acara ini akan digelar di halaman Kantor Disperindag Sleman, 4-8 Juni 2018. Akan ada 60 UMKM binaan Pemkab Sleman yang telah siap memeriahkan pasar tersebut.

Acara tersebut diadakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah sekaligus mempromosikan produk-produk UMKM binaan Pemkab Sleman.

4. Pentas Kesenian Stasiun Tugu

Menyambut wisatawan yang datang, Stasiun Tugu pun ikut menampilkan pentas pertunjukan. Dengan pentas ini kemeriahan libur Lebaran di Yogyakarta makin berwarna.

Pentas pertunjukan tersebut akan menapilkan kesenian Cokekan di Tourist Information Stand milik Dinas Pariwisata Yogyakarta. Pentas ini akan di langsungkan pada tanggal 3, 9, 10, 16, 17, 23, 24 Juni 2018.

5. Grebeg Syawal

Salah satu tradisi dalam merayakan Hari raya Lebaran yang bisa di bilang unik dan selalu dinanti wisatawan adalah tradisi Grebeg syawal yang ada di DI Yogyakarta. Grebeg Syawal sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyambut 1 Syawal yang bertepatan dengan perayaan Idul Fitri. Tahun ini Grebeg Syawal akan dilangsungkan tanggal 15 Juni 2018.

Dalam upacara Grebeg Syawal tersebut Kraton akan mengeluarkan tujuh gunungan yang nantinya satu akan diantar ke Pura Pakualaman, satu ke Kepatihan, sedang lima lainnya akan diantar ke Masjid Gede Kauman dan nantinya diarak menuju alun-alun Utara untuk diperebutkan masyarakat yang hadir.

Menurut kepercayaan, bagi mereka yang berhasil memperoleh hasil bumi dari gunungan tersebut akan mendapatkan berkah dari Yang Maha Kuasa.

Tradisi ini sendiri dilaksanakan secara turun-temurun dan menjadi salah satu keistimewaan Yogyakarta yang menunjukkan bahwa keraton Yogyakarta tak sekedar menjalankan fungsi negara, tapi juga fungsi keagamaan. Keistimewaan tradisi ini pun terlihat ketika masyarakat bisa menyaksikan secara langsung para abdi dalem keraton yang membawa gunungan ini.

6. Pentas Kesenian Bandara Internasional Adisutjipto

Bandara Internasional Adisutjipto pun tak tinggal diam dalam menyambut wisatawan yang datang. Bandara Internasional Adisutjipto pun ikut menampilkan pentas Kesenian traditional.

Beragam tari-tarian serta musik traditional dihadirkan di terminal kedatangan Bandara Internasional Adisutjipto. Pentas ini akan di langsungkan pada tanggal 2-3, 10-14, 17-24 Juni 2018.

7. Perayaan Ritual Peh Cun Pantai Parangtritis

Masa libur Lebaran tahun ini semakin meriah di Pantai Parangtritis. Pasalnya masa liburan kali ini berbarengan dengan Perayaan Ritual Peh Cun Pantai Parangtritis.

Ritual Peh Cun merupakan ritual masyarakat Tionghoa di Yogyakarta. Perayaan ritual ini dilaksanakan setelah tiga bulan perayaan hari raya Imlek.

Dari serangkaian kegiatan, salah satu yang atraktif adalah mendirikan telur tepat pukul 12.00 yang diikuti oleh sejumlah masyarakat yang hadir. Perayaan Peh Cun selalu digelar setiap tanggal 5 bulan 5 tahun China.

Menurut kepercayaan, pada saat itulah terjadi fenomena alam yaitu sejajarnya posisi Bulan, Bumi, dan Matahari. Sehingga mempengaruhi gravitasi yang dapat membuat telur tidak jatuh saat diletakkan dalam posisi berdiri atau vertikal.

Selain itu juga beragam kesenian Tionghoa lainnya juga disiapkan untuk meramaikannya.

8. Temu Kangen Jogja

Event ini merupakan ajang para wisatawan untuk melepas rindu akan Jogja. Beragam tampilan khas Jogja akan ditampilkan disini. Begitu juga hiburannya. Dari mulai musik keroncong, campur sari hingga musisi angklung Malioboro ada disini

Event ini akan digelar di Kantor Dinas Pariwisata Yogyakarta, pada 16 Juni 2018.

9. Festival Light

Ada yang spesial dalam libur Lebaran kali ini. Ada Festival Light di Kawasan Gardu Pandang Kaliurang, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Wisata malam kali ini berupa Festival lampion di Gardu Pandang Kaliurang, 9-11 Juli 2018.

Berbagai bentuk lampion bertema Timur Tengah akan disajikan di gelaran ini. Tak hanya itu di Festival of Lights ini juga akan menyajikan kuliner berbagai jajanan, baik yang tradisional maupun modern.

10. Lebaran di Banyunibo

Menyemarakan libur Lebaran tahun ini, event masif digelar oleh Pasar Banyunibo. Destinasi digital besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Yogyakarta ini menggelar beragam event sampai H + 7 Lebaran. Lokasinya eksotis di Embrio Pasar Banyunibo, Kompleks Candi Banyunibo, Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Beroperasi mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Area ini menjadi spot liburan yang kece.

Nunansanya yang berada di komplek Candi Banyunibo memang eksotis. Sebab, kawasan ini sangat asri. Apalagi, lokasinya didukung oleh Candi Boko yang tepat berada sisi utara pasar. Khas destinasi digital, beragam spot instagramable pun bertebaran hampir di semua sisi pasar.

Apresiasi memang harus diberikan kepada Pasar Banyunibo. Sepanjang Ramadan, ada beragam event yang disajikan. Ada pasar kuliner, song writing workshop, hingga stand up comedy. Pasar Banyunibo juga menjadi panggung besar bagi tari tradisional hingga kontemporer. Workshop broadcasting, radio, fotografi juga ada. Destinasi ini jadi etalase bagi seni rupa, pameran environmental, juga kerajinan kulit.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here