Alat Rapid Test Sudah Tersedia Diseluruh Puskesmas Di DKI Jakarta

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pemerinta Provinsi DKI Jakarta dipastikan telah membagikan rapid test kepada puskesmas-puskesmas di wilayah Jakarta. Direktur Managemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri Safrizal Za mengatakan hal tersebut dilakukan untuk pencegahan pandemi Covid-19 yang semakin bertambah.

“Tadi malam pemerintah DKI Jakarta telah membagi rapid test ini kepada puskesmas-puskesmas yang ada di seluruh DKI Jakarta,” kata Safrizal di BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Dia menjelaskan, nantinya masyarakat akan ditangani terlebih dahulu yaitu yang masuk dalam list kontak tracing. Atau masyarakat yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19.

“Misal DKI Jakarta, yang akan dilakukan rapid test pertama adalah orang-orang yang masuk ke dalam log list atau orang-orang yang selama ini melakukan kontak dekat dengan pasien yang sudah positif,” ungkap Safrizal.

Dia mengakui bahwa saat ini rapid test masih terbatas bisa dilakukan oleh masyarakat. Sebab itu, dia menjelaskan jika masyarakat yang memiliki gejala ringan dan sedang akan ditangani oleh rumah sakit rujukan.
“Masyarakat yang memiliki gejala awal, ringan sampai sedang nanti akan ditangani juga di rumah sakit rumah sakit rujukan tertentu. Jadi perlu juga diketahui bagi masyarakat pengadaan rapid test dikategorikan dalam berbagai macam,” kata Safrizal.