Bamsoet : Posisi Ketua DPR RI Mendatang Partai Pemenang Pemilu 2019

Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA–Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan posisi ketua DPR periode mendatang akan diduduki partai pemenang Pemilu 2019. Ini sesuai Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

Dengan asumsi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), hampir dapat dipastikan menjadi partai pemenang Pemilu 2019, maka perwakilan PDIP diprediksi akan menduduki jabatan ketua DPR 2019-2024.

“Saya sebagai Ketua DPR memastikan tidak ada perubahan UU MD3 karena saya yang menggolkan dan mengubahnya agar partai politik pemenang pemilu langsung menjadi Ketua DPR RI,” kata Bamsoet di kompleks Gedung MPR/DPD/DPR RI, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Dalam UU MD3 yang berlaku saat ini, katanya, Ketua DPR pasca-Pemilu 2019 adalah parpol pemenang pemilu. Sedangkan untuk kursi wakil ketua DPR ditempati perwakilan partai berdasarkan suara parpol yang memperoleh suara yang lolos parlemen dengan perolehan suara terbanyak selanjutnya.

Hal itu sesuai dengan ayat 1 Pasal 427D dalam UU MD3 yang berbunyi: 1. Susunan dan mekanisme penetapan pimpinan DPR masa keanggotaan DPR setelah hasil umum tahun 2019 dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

“Pimpinan DPR terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan 4 (empat) orang wakil ketua yang berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPR.

Ketua DPR ialah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR; wakil Ketua DPR ialah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima.”

“Ketuanya adalah parpol pemenang pemilu, lalu dua, tiga, empat, dan lima itu adalah nomor perolehan suara parpol yang masuk ke DPR,” ujar Bamsoet seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, untuk kursi pimpinan MPR RI, koalisi maupun nonkoalisi bisa memiliki kesempatan membuat paket pimpinan MPR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.