Belajar Sambil Bermain Untuk Anak Sekolah Dasar

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Anak usia SD itu memiliki karakteristik tersendiri. Oleh karena itu, kita perlu mengenali karakterisktik tersebut agar bisa menerapkan cara pembelajaran terbaik bagi anak Sekolah Dasar.

Anak usia SD itu senang bermain, guru pun dapat menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, misalnya saja guru bisa mengajarkan perhitungan angka sambil memegang mainan.

Dan guru bisa menjumlahkan mainan satu per satu, dengan begitu anak akan lebih mudah memahaminya.

Salah satunya contohnya yang terdapat pada salah SD yang terdapat di Yogyakarta yaitu SDN1Tlacap,Sleman,dimana para siswa dan siswinya terlihat begitu sibuk mrngikuti kegiatan belajar sambil bermain yang disebut Math Day. Math Day  merupakan bagian program di setiap akhir semester, dimana seluruh siswa dan siswi wajib untuk mengikutinya dan ikut berpartisispasi dalam suatu rangkaian kegiatan sambil belajar melalui permaina yang menyenangkan.

Salah  satu kegiatan yaitu kegiatan pembelajaran matematika sambil bermain pada math day ini mencakup berbagai macam permainan – permainan sederhana yang berkaitan dengan matematika.

Para siswa siswi SD Negeri 1 Tlacap berkompetisi melalui permainan matematika ini dengan kelas – kelas setingkatnya, dan bagi kelas yang mendapatlkan nilai terbaik maka akan mendapatkan hadiah yang menarik. Contoh permainan matematika yang ikut di perlombakan dalam math day ini antara lain :

  1. Permainan menyusun nilai
  2. Menjumlahkan, pengurangan dan pembagian angka secara estafet
  3. Golden Bell
  4. Pemainan soal matematika beregu
  5. Belatih berhitung

Adapun permainan lain yang dilakukan dalam kegiatan belajar sambil bermain tersebut yaitu:

  1. Gerak dan Lagu

Pembelajaran ini melalui gerak dan lagu yang sangat bervariasi. Misalnya dengan menyetel suatu lagu anak dan lalu siswa mengikuti gerakan yang dipimpin oleh guru didepan. Permainan ini akan menghilangkan kebosanan pada siswa saat pembelajaran.

  1. Lakukan apa yang guru katakan

Permainan ini sangat mudah untuk diterapan. Guru akan mengatakan beberapa aba-aba, “pegang dagu”, “pegang pipi”, “pegang telinga” dan sebagainya. Siswa diharuskan untuk mengikuti aba-aba yang dikatakan oleh guru. 

  1. Bermain game memori atau ingatan

Sebuah game sederhana yang bisa membantu daya ingat siswa. Dalam game ini guru menggunakan teknologi game memori yang disebut Primaindisoft. Siswa dapat berlomba untuk menyelesaikan game ini dengan  langkah yang sederhana. Selain membamtu siswa mengingat konsep, tentu pembelajaran menjadi lebih akan menjadi lebih seru.

Semoga dengan program kegiatan belajar sambil bermain ini, siswa diharapkan akan lebih dapat dengan mudah memahami pelajaran atau pembelajaran yang diberikan oleh guru dan tidak ada rasa gelisah dan pesimis bagi seluruh siswa.

(Red/Raden Iqbal Muhammad Thoriq,NIM : 2018015334
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA )