BNI Syariah Sosialisasikan Perencanaan Persiapan Berhaji ke Pegawai PT Bukit Asam Tbk

Bisnis Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-BNI Syariah menggelar webinar bekerja sama dengan PT Bukit Asam (Persero) Tbk dengan judul “Yang Muda Yang Berhaji” di Kantor Pusat BNI Syariah, Selasa (17/11).

Dalam acara ini, BNI Syariah melakukan edukasi perencanaan berhaji dengan masa antrian lebih cepat bersama mitra penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK), Aqobah Tour & Travel kepada pegawai PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

Pada kesempatan ini, BNI Syariah memaparkan perencanaan persiapan berhaji dan memperkenalkan produk haji dan umrah unggulan yaitu Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah; program Haji Khusus BNI Syariah dengan Aqobah Tour & Travel; dan pembayaran Haji Khusus dengan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card.

Dalam webinar yang diikuti lebih dari 400 peserta, hadir Direktur Aqobah Tour & Travel, Yulia Eka Purnama; General Manager Layanan Operasional Tanjung Enim PT Bukit Asam (Persero) Tbk, Venpri Sagara; Ustadz & Pembimbing Jemaah Haji Aqobah Tour & Travel, Adipura Prabahaswara; dan Pemimpin Divisi Haji dan Umroh BNI Syariah, Endang Rosawati.

Pemimpin Divisi Haji dan Umroh BNI Syariah, Endang Rosawati mengatakan niat baik untuk menunaikan ibadah haji seharusnya diwujudkan dalam bentuk ikhtiar. “Ibadah haji tidak hanya kemampuan fisik dan waktu saja tapi juga mengenai perencanaan yang matang,” kata Endang Rosawati.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam hal perencanaan ibadah haji, diantaranya adalah menentukan skala prioritas; memastikan prioritas zakat ada di urutan pertama; menghindari berhutang untuk suatu keinginan dan menerapkan alokasi anggaran yang jelas untuk beberapa hal penting.

Endang Rosawati menjelaskan terkait teknis mendaftar haji reguler, nasabah bisa membuka Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah di Cabang BNI Syariah atau BNI SCO Haji. Selain itu, pendaftaran haji juga bisa melalui Hasanah Online dan BNI Mobile Banking.

Untuk memperpendek masa tunggu ibadah haji masyarakat bisa memilih opsi haji khusus. Masa tunggu haji khusus rata-rata adalah 5 sampai 8 tahun dengan biaya rata-rata US$ 12.000. Sebagai persiapan dana haji khusus, nasabah bisa membuka Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah USD untuk setoran awal haji khusus dan pelunasan haji khusus.

Terkait haji khusus BNI Syariah bekerjasama dengan Aqobah Tour & Travel menyediakan beberapa benefit diantaranya adalah gratis belajar mengaji & menghafal Al-Quran online seumur hidup. Selain itu terdapat cashback dan hadiah untuk nasabah yang melakukan pelunasan uang muka haji khusus melalui Aqobah dan yang melakukan pembayaran uang muka haji khusus menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card.  

BNI Syariah menawarkan cicilan haji khusus dengan menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card. Kelebihan BNI iB Hasanah Card adalah  pengenaan biaya yang sudah jelas didepan, tanpa denda keterlambatan bunga, dan bisa menjadi kartu halal lifestyle.

General Manager Layanan Operasional Tanjung Enim PT Bukit Asam (Persero) Tbk,  Venpri Sagara menjelaskan setiap orang bisa dan mampu untuk melaksanakan ibadah haji. “Semoga peserta webinar yang hadir dalam acara ini dan masyarakat umum bisa dimudahkan untuk mengusahakan ibadah haji,” kata Venpri Sagara.

Direktur Aqobah Tour & Travel, Yulia Eka Purnama mengatakan ada  dua pilihan paket untuk haji khusus dari Aqobah yaitu Paket Santun dengan harga US$ 11 ribu plus benefit gratis umrah setelah DP US$ 6 ribu. “Ada juga Paket Amanah dengan harga US$ 9 ribu dengan DP US$ 4,5 ribu. Khusus untuk pegawai ASN dan BUMN ada promo porsi haji dengan cicilan Rp2,95 juta selama lima tahun dengan DP Rp10 juta,” kata Yulia.

Ustadz & Pembimbing Jemaah Haji Aqobah Tour & Travel, Adipura Prabahaswara memberikan tausiah bahwa salah satu bekal penting dalam berhaji adalah taqwa. “Dari lima rukun islam, syahadat, shalat, zakat dan saum merupakan komponen takwa dan merupakan bekal dari naik haji,” kata Adipura.

Jika serius meniatkan diri melakukan ibadah haji, Allah akan menaikkan derajat kemuliaan dan melancarkan rejeki orang tersebut. Sehingga pahalanya tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Pada tahun ini, BNI Syariah mengusung tema strategis “Embracing New Opportunities”, dimana bank siap meraih peluang-peluang baru dan menjadi partner yang lebih baik bagi seluruh stakeholders, salah satunya melalui produk dan layanan haji umroh. BNI Syariah bersama Aqobah Tour & Travel mempunyai program haji khusus yaitu pembayaran dengan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card dengan DP Rp3,06 juta, tiga hari mendapatkan porsi haji. Selain itu, ada juga 10 mountain Sapuhi Bike untuk 10 pendaftar pertama dan melakukan pembayaran uang muka haji khusus Aqobah.

Alhamdulillah meskipun di kala pandemi, tabungan haji BNI Syariah yang dikenal dengan Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah per September 2020 tumbuh 13% dari periode yang sama tahun lalu (yoy), dengan realisasi sebesar Rp2,18 triliun.  Hingga akhir tahun 2020, BNI Syariah memproyeksikan pertumbuhan Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah sebesar 11% yoy.

Tentang BNI Syariah

BNI Syariah bermula sebagai Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000. Pada 19 Juni 2010 status BNI Syariah meningkat menjadi Bank Umum Syariah (BUS).Komposisi kepemilikan saham BNI Syariah adalah 99,94% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life. BNI Syariah senantiasa mendapatkan dukungan teknologi informasi dan penggunaan jaringan saluran distribusi infrastruktur BNI Induk diantaranya layanan lebih dari 16.000 ATM BNI, ditambah ribuan jaringan ATM Bersama, ATM Link Himbara serta ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, fasilitas 24 jam BNI Call (021-1500046), SMS Banking, dan BNI Internet Banking. Saat ini BNI Syariah telah didukung oleh jaringan yang cukup luas di seluruh Indonesia yaitu lebih dari 375 outlet syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, serta didukung oleh lebih dari 1.746 Outlet BNI yang melayani pembukaan rekening syariah. ***

Tentang Hasanah

Hasanah merupakan corporate campaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah 201). Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin. Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.

Tentang Hasanah Banking Partner

BNI Syariah sebagai mitra bisnis yang memberikan layanan terbaik sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga bisnis yang dijalankan tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan semata tetapi juga memperhatikan faktor keberkahan dengan nilai kebaikan. BNI Syariah berkomitmen untuk menjadi partner pada setiap tahapan kehidupan. 

Dewan Pengawas Syariah: Ketua: Dr. Hasanudin, M.Ag; Anggota: Ah.Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H.*

Dewan Komisaris: Komisaris utama: Fero Poerbonegoro; Komisaris: Imam Budi Sarjito; Komisaris Independen: Max Niode;  Komaruddin Hidayat**

Direksi: Direktur Utama: Abdullah Firman Wibowo; Direktur Bisnis: Dhias Widhiyati; Direktur Kepatuhan dan Risiko: Tribuana Tunggadewi; Direktur Keuangan dan Operasional: Wahyu Avianto; SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan: Iwan Abdi.

*) belum  efektif, masih proses persetujuan OJK

**) belum efektif, masih dalam proses fit & proper test

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi:

Komunikasi Perusahaan 

M Iqbal Taqiudin | Pgs. Corporate Secretary 

Email: komeks@bnisyariah.co.id | Telepon: 021 – 2970 1946 | Fax: 021 – 021 – 2966 7935

Media social: Facebook: PT Bank BNI Syariah; Instagram: @bni.syariah; Twitter : @BNISyariah