Dani Ramdan : Solidaritas Sosial Meningkat Dalam Menangani Covid-19 Di Jabar

Bogor Now Hukum Politik

KORANBOGOR.com,BANDUNG-Kepala Divisi Kemitraaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar, Dani Ramdan menyatakan bahwa solidaritas sosial terutama dari banyak pihak dalam rangka penanganan Covid-19 cukup menggembirakan.

“Dari kalangan dunia usaha misalnya, sudah ada 75 perusahaan yang berkontribusi, dalam memberikan bantuan, ada yang cash, pangan, dan kebanyakan APD,” tandasnya saat siaran daring di Bandung, Rabu (10/6).

Menurut dia, kondisi tersebut cukup membantu ikhtiar penanganan pandemi korona di wilayahnya. Pasalnya, modal Jabar dalam penanganan pandemi cenderung tak banyak. Di antaranya dari sisi ekonomi, APBD, hingga teknologi yang terbatas.

“Kita tak punya teknologi yang kuat, alat perang seperti APD pun import sebelum bisa dibuat sendiri, tapi ternyata ada modal yang bisa diunggulkan yakni modal sosial, saling membantu untuk menghadirkan ketahanan,” tandasnya.

Kerjasama yang dilakukan pun semakin luas. Di antaranya pihaknya tengah mematangan penanganan Covid-19 berbasis data lokasi guna memperkuat langkah pengetesan yang semakin kuat termasuk dalam melakukan pelacakan dengan melibatkan teknologi informasi.

“Pengembangan itu tengah dijajaki. Diharapkan bisa diimplementasikan segera, terlebih dengan kemampuan tes di Jabar yang tergolong tinggi,” katanya. Jabar menargetkan bisa memeriksa 10 ribu sample PCR dalam sepekan.

Pihaknya berharap animo tersebut tetap tumbuh selama penanganan Covid-19. Pasalnya, dari langkah kolaborasi tersebut, perkuatan terhadap langkah penanganan terhadap pandemi korona akan semakin optimal.(Red)