Diah Pitaloka : Agar Bansos Tepat Sasaran Pemerintah Pusat Dan Daerah Harus Sinergikan Data Sosial

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Anggota Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka menyatakan perlunya kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait data sosial. Hal itu disampaikan dalam Rapat Komisi VIII DPR RI dengan Kepala Daerah di Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta.

“Persoalan data sosial atau DT KS memerlukan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Ini menyangkut tepat sasaran atau tidaknya bantuan sosial, kuantitas bantuan, hingga nanti kita juga harus pikirkan bantuan sosial seperti apa yang lebih berkualitas bagi kehidupan masyarakat” ujarnya dihadapan Kepala Daerah yang hadir dalam Rapat Komisi VIII DPR RI, Rabu(17/6).

Politisi perempuan dari Fraksi PDI Perjuangan itu juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bogor yang telah memberikan masukan terkait persolan data sosial di daerah serta mengapresiasi kebijakan yang telah dibuat dalam hal transparansi data.

“Langkah cepat Pemkot Bogor dalam hal transparansi data penerima bantuan melalui aplikasi yang dapat diakses langsung oleh masyarakat layak diapresiasi.”kata anggota DPR dari dapil Bogor dan Cianjur ini.

Rapat yang berlangsung selama lebih dari dua jam tersebut merupakan upaya untuk mendiskusikan berbagai persoalan data sosial yang terjadi selama masa PSBB di sekitar wilayah Jakarta.

Selain Pemerintah Kota Bogor, juga hadir Pemerintah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tangerang, Kota Serang dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kita memang diwarisi persoalan data ini, tapi jangan sampai kita mewarisi hal yang sama. Momentum ini kita jadikan turning point untuk membenahi data sosial kita” pungkas Diah.

(Red/Fraksi PDI Perjuangan,komisi VIII/DPR RI)