Djoko Tjandra Ditangkap Diharapkan Jadi Momentum Membuka Tabir Diinternal Penegak Hukum Yang Bantu Loloskan Sang Buronan

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Wakil Ketua DPR,Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi penangkapan Djoko Tjandra oleh pihak kepolisian di Malaysia.Pihaknya berharap, ini bisa jadi momentum pengungkapan tabir di internal Polri dan lembaga penegak hukum lainnya yang membantu meloloskan Djoko Tjandra.

“Pimpinan DPR mengapresiasi Kepolisian RI yang telah berhasil menangkap buron Djoko Tjandra di Malaysia dan semoga langkah-langkah diambil Polri ini dapat berhasil mengungkap tabir kejadian-kejadian ini kemarin membuat nama kepolisian tercoreng dan lembaga penegak hukum lainnya,” ujar Dasco kepada wartawan, Jumat (31/7/2020).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini berpandangan kasus ini menjadi pelajaran yang berarti untuk semua pihak terkait di masa pandemi COVID-19, bukan hanya harus meningkatkan kewaspadaan di sektor kesehatan tapi juga di sektor lainnya, salah satunya dalam penegakan hukum.

“(Hukum) Dapat diakali oleh seorang Djoko Tjandra karena kemarin kita konsentrasi penuh pada pandemi tapi kemudian agak lemah di beberapa hal,” katanya.

Karena itu,mantan anggota Komisi III DPR ini mengimbau agar semua kementerian/lembaga (K/L) tidak hanya meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol COVID-19 dengan ketat, tapi juga meningkatkan fungsi dan tugas pokok masing-masing, baik itu aparat penegak hukum, eksekutif maupun legislatif.

“Sekali lagi kami ucapkan apresiasi kepada Polri, Kapolri dan jajaran yang telah berhasil menunjukkan bahwa penegakan hukum bisa berjalan baik di tengah pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia,” katanya.(Red)