Dokter spesialis Paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan

Dokter Spesialis Paru : Wartawan Harus Jalani Pola Hidup Sehat

Hukum Kesehatan Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dokter Spesialis Paru RSU Persahabatan Erlina Burhan meminta awak media atau wartawan menerapkan pola hidup sehat selama masa pandemi virus korona atau covid-19.

Erlina mengatakan wartawan selama ini lekat dengan pola hidup yang tidak teratur, seperti kurang istirahat dan makan tidak teratur. Jika terus dibiasakan, maka akan berdampak pada turunnya sistem imun.

Dampaknya, kata ia, ketika imun turun dapat meningkatkan potensi penularan covid-19. Ditambah, para wartawan juga kerap turun ke lapangan dan bertemu dengan narasumber.

“Jurnalis diasosiasikan dengan kurang istirahat, kurang tidur, makan tidak teratur dan merokok, walaupun ada juga yang tidak merokok. Yang saya sebutkan itu berpotensi untuk terjadi penularan karena lebih ke arah sistem yang turun dan interaksi yang dekat dengan sumber,” kata Erlina, dalam sesi telekonferensi, Sabtu (25/4).

Selain itu, Erilna juga meminta para wartawan mengikuti protokol kesehatan yang diumumkan pemerintah, seperti physical distancing, selalu mencuci tangan, dan selalu waspada terhadap gejala awal covid-19 yang ditandai berkurangnya ketajaman indra penciuman dan pengecapan.

“Bagaimans strategi menghindari resiko penularan? Pertama, ditaati PSSB dan menerapkan pola hidup sehat,” kata Erilna.