Ekstrakulikuler Pembentuk Kepribadian Siswa

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pokok permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat kita saat ini adalah demoralisasi.Hal ini terlihat dari perilaku masyarakat yang semakin menyimpang dari etika,norma,dan peraturan yang ada.

Seperti penyalahgunaan dan ketergantungan dengan handphone ,misalnya menggunakan handphone untuk menonton video porno,bermain game tanpa mengenal waktu .

Tidak hanya remaja, siswa SD pun sudah terjangkit penyaki ttersebut. Hal itu tentunya tidak baik untuk perkembangan anak.Kegiatan ekstra kulikuler merupakan upaya untuk menciptakan kepribadian dan karakter siswa disekolah.

Ekstra kurikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran baik dilaksanakan disekolah maupun diluar sekolah dengan maksud untuk lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki siswa dari berbagai bidang studi.(Menurut Usman dan Setyowati,1993:22)

Disekolah dasar (SD) kegiatan ekstra kulikuler ada bermacam macam ,ada yang bersifat pendidikan,kedisiplinan,olahraga,dan seni .

Seperti contoh drum band ,pramuka ,pencak silat ,dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan ini,diharapkan siswa dapat mengembangkan kepribadian ,bakat dan kemampuannya diberbagai bidang diluar akademik,selain itu anak akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan hal positif dibandingkan dengan bermain games atau gadget.

(Red/ Zakki Nur ‘Aunina mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )