HIPMI Dorong Anggotanya Buka Peluang Kerjasama ke Perusahaan BUMN & Perhubungan

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19 ini, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) sebagai wadah pengusaha muda nasional intens melakukan rapat koordinasi.

BPP HIPMI Bidang IV melakukan rapat koordinasi bidang (Rakorbid) Diperluas Bidang IV HIPMI se-Indonesia secara online melalui virtual zoom. Dalam Rakorbid Diperluas tersebut, para pengurus HIPMI di bidang BUMN & Perhubungan ini membahas mengenai perkenalan pengurus BPP HIPMI Bidang IV dan seluruh Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Bidang IV sekaligus penyampaian visi dan misi BPP HIPMI Bidang IV.

Peserta Rakorbid Diperluas BPP HIPMI Bidang IV yang dikonfirmasi hadir sebanyak 30 BPD HIPMI Bidang IV dan 4 BPD HIPMI Bidang IV diwakilkan utusan masing-masing daerah. Salah satu tujuan Rakorbid Diperluas BPP HIPMI Bidang IV adalah membuat konsolidasi kerja dan kelanjutan sinergitas melalui whatsapp (WA) grup untuk bidang IV seluruh Indonesia. Dalam koordinasi ini nantinya masing-masing pengurus pusat BPP mempunyai peran menjadi jembatan untuk peserta Rakorbid Diperluas BPP HIPMI Bidang IV.

Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming mengatakan, tujuan Rakorbid Diperluas BPP HIPMI Bidang IV adalah untuk silaturahmi dan konsolidasi bidang IV seluruh Indonesia. Rakorbid Diperluas BPP HIPMI Bidang IV adalah Rakorbid online pertama BPP HIPMI.

“HIPMI diharapkan menjadi pelopor kreativitas anak muda melalui program HIPMI yang sudah dilaksanakan secara online yaitu Musda Online, Tausiyah Online, dan Rakorbid online. Melalui kegiatan ini diharapkan untuk memantapkan silaturahmi bidang IV kepada BUMN dan Perhubungan,” ujar Maming, di Jakarta, Rabu (13/5/2020).

Maming berharap, seluruh anggota HIPMI dapat kreatif untuk mengambil peluang bisnis dan jangan terfokus kepada proyek pemerintah. Pengusaha harus dapat berhati-hati dalam mengambil proyek pemerintah selama masa pandemi Covid-19 karena dikhawatirkan terjadinya barang yang diminta tidak sesuai dengan harga barang akan terjadi pemeriksaan di kemudian hari, jauh hari setelah masa proyek berakhir.

Berkenaan dengan hasil audiensi beberapa saat lalu antara Bidang IV BPP HIPMI oleh Pengurus BPP HIPMI Bidang IV – koordinator BUMN untuk Garuda Indonesia Dita Ayu Wulandari, Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming memberikan saran agar seluruh pengurus HIPMI mendapat special rate dari Garuda Indonesia untuk tiket pesawat.

Selain itu, dalam Rakorbid Diperluas BPP HIPMI Bidang IV, Ketua Bidang BUMN & Perhubungan BPP HIPMI Arya Kuntadi dalam presentasinya memaparkan bahwa BPP HIPMI Bidang BUMN & Perhubungan merupakan nomenklatur baru yang akan diumumkan di rapat kerja nasional (Rakernas) HIPMI. Para pengurus BPP HIPMI Bidang IV ini memiliki tugas yaitu mengkoordinir proyek-proyek BUMN kepada pengurus HIPMI di seluruh Indonesia.

“Salah satu peran dari bidang IV BUMN adalah untuk membuka jalan kepada anggota HIPMI untuk memiliki akses networking di BUMN & Perhubungan,” ucap Arya.

Dengan peluang kemitraan strategis HIPMI ingin segera bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan BUMN untuk mensinergikan BUMN dan HIPMI, lanjut Arya. HIPMI menerapkan program roadshow 20 perusahaan BUMN untuk memperkuat kerjasama antara BUMN dan HIPMI.

“Saat ini bidang IV fokus kepada 20 perusahaan BUMN, yaitu melaksanakan program 20 roadshow perusahaan BUMN untuk sinergi BUMN dan HIPMI yang tahapannya dimulai dari audiensi, dilanjutkan dengan forum group discussion dan difinalisasi dengan business atau project matching,” ungkapnya.

Pengurus BPP HIPMI Bidang IV Daniesh Musthafa mengatakan, pihaknya juga menjadwalkan rutinitas meeting BPP HIPMI di Kantor Pusat BPP, sehingga anggota HIPMI yang memiliki kepentingan dengan bidang IV dapat berkunjung dan berdiskusi dengan pengurus dari BPP HIPMI Bidang IV. Dalam dua minggu ke depan, akan ada rencana untuk mengadakan acara BUMN TALK.

“Dengan demikian, HIPMI dapat membuka peluang kerjasama ke BUMN. HIPMI diharapkan dapat menjadi akses untuk networking ke perusahaan-perusahaan BUMN,” tuturnya.

Bidang IV BPP HIPMI berharap, HIPMI dapat berperan aktif dalam membantu anggota HIPMI berkonsilidasi dan mengutamakan agar perusahaan BUMN dapat mempercepat proses proyek dan juga prioritas pembayaran proyek yang dikerjakan oleh anggota HIPMI.

BPP HIPMI Bidang IV juga dengan seksama ingin membantu mempercepat rekomendasi Kementerian Perhubungan agar anggota HIPMI dapat mendapat tempat untuk pengelolaan ruang makan dan retail di bandara seluruh Indonesia. HIPMI juga mendorong BUMN untuk melakukan sertifikasi khusus prioritas setiap BUMN agar keanggotaan HIPMI menjadi syarat untuk dapat mengerjakan proyek di BUMN bagi pengusaha muda.

Dalam akhir acara, pengurus BPP HIPMI Bidang IV Roy Wangintan mengatakan bahwa HIPMI Bidang IV di bidang BUMN agar tetap dikawal untuk dapat menguasai peluang BUMN, sehingga banyak kesempatan yang terbuka. Kolaborasi dengan BUMN dapat membuka banyak peluang untuk anggota-anggota HIPMI. Bidang IV akan selalu menambahkan list perusahaan BUMN ke depan sejalan dengan kebutuhan antar anggota dan BUMN.

“Saya berharap dengan rakorbidnas ini akan membuka peluang kerjasama antar daerah yang lebih luas dan sebagai anggota HIPMI untuk tetap konsistensi speak up di media untuk membentuk positioning HIPMI,” imbuhnya.