Indonesia -Jepang Sepakat Perangi Covid-19

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Indonesia dan Jepang sepakat untuk bekerjasama dalam memerangi penyebaran virus Corona baru, Covid-19. Kesepakatan itu dicapai dalam pembicaraan antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang, Motegi Toshimitsu.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, yang diterima Sindonews pada Selasa (24/3/2020), pembicaraan melalui sambungan tersebut berlangsung kemarin dan berlangsung selama hampir setengah jam.

“Kedua Menlu telah bertukar pendapat terhadap kondisi penyebaran wabah Covid-19 secara global. Kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan kerja sama secara erat untuk mencegah penyebaran wabah tersebut,” bunyi keterangan Kedutaan Besar Jepang.

Motegi, dalam pembicaraan menyampaikan mutlak pentingnya kerja sama antara masyarakat internasional demi mencegah penyebaran wabah ini, dan mengatakan bahwa Jepang telah memutuskan untuk mengkontribusi bantuan melalui WHO dan UNICEF senilai 1.5 miliar yen.

“Bantuan darurat tersebut diberikan kepada negara-negara yang terdampak bencana ini. Menanggapi hal tersebut, Retno menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan Jepang,” tukasnya.