Ingatkan Pesan Jokowi,Hipmi Minta Dirut Baru PLN Serius Libatkan Pengusaha Daerah

Hukum Politik

KORANBOGOR.comJAKARTA—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Mardani H.Maming menyambut baik penunjukan tersebut.“Kita menyambut baik penunjukan beliau,” ujar Maming dalam keterangannya hari ini di Jakarta.

Maming mengatakan, sosok Zulkifli Zaini bukan orang baru di BUMN dan PLN. Maming mengatakan, pria kelahiran Bukittinggi ini pernah menjabat sebagai Komisaris PLN sejak 2013 hingga April 2015. “Beliau juga sebelumnya pernah menjabat sebagai direksi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bahkan menjadi dirut pada 2010 hingga April 2013. Jadi tentu track record ini yang dilihat oleh Menteri BUMN tentunya,” ujar Maming.

Kendati demikian, Maming meminta agar Zulkifli Zaini melibatkan pengusaha-pengusaha daerah dalam pengadaan pembangkit listrik nasional. “Kami minta libatkanlah pengusaha-pengusa daerah. Jangan sampai mereka menjadi penonton di daerahnya sendiri. BUMN harus berani mulai memelopori ini. Baik dalam pengadaan pembangkit maupun sebagai mitra rantai pasok. Apa susahnya melibatkan pengusaha-pengusaha lokal. Kalau ada masalah apa mereka yang hadapi,” ujar Maming.

Maming memaparkan, semangat ini sesuai dengan fungsi BUMN sebagai agent of development. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkali-kali menegaskan agar proyek proyek infrastruktur jangan semuanya diambil oleh perusahaan BUMN dan anak usahanya, bahkan cucu-cucu perusahaan pelat merah. “Tujuannya agar swasta punya ruang untuk terlibat dan ekonomi daerah juga menggeliat,” tegas Maming.

Sebelumnya Jokowi mengingatkan, agar BUMN melibatkan swasta dalam pengerjaan infrastruktur. “Saya ingatkan kembali proyek-proyek infrastruktur agar jangan semuanya diambil oleh BUMN. Ini penting, saya garisbawahi.

Dari proyek proyek yang besar-besar sampai yang kecil-kecil yang sering kali bukan hanya melibatkan anak anak BUMN tapi juga ke cucu-cucu BUMN,” tegas Jokowi dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Selasa (10/12/2019).

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN. Zulkifli ditunjuk sebagai dirut untuk menggantikan Sofyan Basyir yang dijadikan tersangka oleh KPK atas kasus suap PLTU Riau I.

Selain Zulkifli, mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan itu juga menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN.

“Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak.

Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas pemerintah,“ ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/12/2019). (Rilis)