Jamin Keamanan dan Keselamatan Penumpang, Lion Air Sterilisasi Seluruh Pesawat Operasional Sesuai Standar Internasional

Hukum Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-PT Lion Mentari Airlines (“Lion Air”) hari ini mengumumkan bahwa perseroan telah melakukan sterilisasi semua pesawat yang beroperasi untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan penumpang. Hal ini sesuai dengan kebijakan regulator dan standar penerbangan internasional.

Sebagai maskapai swasta terbesar di pasar penerbangan domestik, Lion Air akan melakukan proses disinfeksi unit pesawat sesuai dengan prosedur internasional dan prosesnya diawasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta (KKP) yang berada di bawah Kementerian Kesehatan.

Lion Air mendemonstrasikan proses disinfeksi pada Lion Air Boeing 737-800NG di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan yang meliputi bagian kabin, kokpit dan kompartemen kargo di bawah pesawat. Sterilisasi pesawat adalah kebijakan proaktif yang diadopsi oleh Lion Air dan Lion Air Group sebagai langkah pencegahan dalam menghadapi wabah novel coronavirus (Covid-19) yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Komitmen untuk mendisinfeksi pesawat terbang adalah inisiatif terbaru dari Lion Air selain langkah-langkah yang sebelumnya sudah diterapkan untuk melindungi awak pesawat dan personel layanan darat (ground handling). Misalnya pemeriksaan suhu badan wajib terhadap semua personel layanan darat dan kru penerbangan yang menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diizinkan melakukan penerbangan. Selain itu, peralatan kesehatan seperti masker dan pembersih tangan juga tersedia di pesawat.

Lion Air juga mengambil peran untuk mendorong kesadaran kesehatan masyarakat dengan kampanye salam alternatif diantaranya melakukan sapaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).  (Red)

Tentang PT Lion Mentari Airlines (“Lion Air”)

Lion Air adalah maskapai penerbangan swasta dan domestik terbesar di Indonesia. Lion Air merupakan bagian dari Lion Air Group, salah satu grup maskapai berbiaya rendah terbesar di Asia Tenggara yang menawarkan layanan penumpang, charter, kargo, dan lainnya. Sejak berdiri pada tahun 1999, saat ini Lion Air Group mengoperasikan Lion Air, Wings Air, Batik Air, Lion Bizjet, Malindo Air dan Thai Lion Air, yang terhubung ke berbagai tujuan termasuk Filipina, Malaysia, Thailand, Australia, Singapura, Timur Tengah dan Cina.

Lion Air menawarkan sekitar 600 penerbangan setiap hari ke lebih dari 60 tujuan domestik dan internasional di Indonesia dan di seluruh Asia. Maskapai ini mengoperasikan armada 120 pesawat yang terdiri dari 65 Boeing 737-900ER, 38 Boeing 737-800, 10 Boeing 737-MAX8 dan 3 Airbus A330-300.

Melalui Organisasi Pelatihan Pilot Angkasa, Lion Air melatih pilot untuk maskapai Lion Air Group dan maskapai pihak ketiga dan tersertifikasi sesuai IATA Operational Safety Audit (IOSA). Lion Air Group menduduki peringkat 5 besar di Changi Airline Awards 2018.

(Red/Danang Mandala Prihantoro,Corporate Communications Strategic)

|