Kabareskrim: Polri Akan Selidiki Keterlibatan Pihak Diluar Polri Terkait Kasus Djoko Tjandra

Bogor Now Hukum Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kabareskrim Polri,Komjen Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Bareskrim Polri bakal terus menyelidiki keterlibatan pihak lain di luar institusi kepolisian dalam kasus Joko Tjandra.

“Pihak-pihak di luat institusi Polri sedang dalam proses lidik dan pendalaman lebih lanjut,” ucap Komjen Pol Listyo, Minggu (19/7)

Namun,Komjen Listyo tak menjelaskan pihak mana saja yang tengah dimintai keterangan. Menurut Kabareskrim,pihaknya juga akan memakai hasil interogasi sebagai dasar laporan untuk diproses pidana.

Terkait adanya dugaan aliran dana, Komjen Listyo mengatakan bahwa tim penyidik masih mendalami lebih lanjut.

Sebelumnya,Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo resmi dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Badan Reserse Kriminal setelah terbukti mengeluarkan surat jalan untuk Joko Tjandra pada Juni 2020.

Kini, Brigjen Pol Prasetijo Utomo telah dimutasi sebagai Perwira Tinggi Pelayanan Masyarakat dan ditahan selama 14 hari untuk dilakukan pemeriksaan.

Tak hanya Prasetijo, Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz juga mencopot Irjen Pol Napoleon Bonaparte dari jabatan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri. Irjen Napoleon bakal dimutasi menjadi analisis Kebijakan Utama Itwasum Polri.

Sementara Brigjen Pol Nugroho Wibowo dicopot dari jabatannya sebagai Sekretaris National Central Bureau (Ses NCB) Interpol Indonesia.

Brigjen Pol Wibowo dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Jianbang Lemdiklat Polri.

Ketiga perwira tinggi (Pati) dicopot lantaran membantu buronan cessie Bank Bali Joko S Tjandra dan melanggar kode etik terkait red notice.(Red)