Kapolri : Jangan Lakukan Pemblokiran Jalan

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kapolri Jendral Idham Azis kembali mengeluarkan surat telegram (TR) terkait covid-19. Kamis (9/4), telegram bernomor ST/1148/IV/OPS.2/2020 diterbitkan untuk melarang blokade atau pemblokiran jalan.

Dalam TR yang ditandatanganinya sendiri, Idham menyebut pemblokiran jalan menyebabkan terhambatnya distribusi bahan pokok dan kebutuhan lainnya ke masyarakat.

“Telah terjadi blokade/pemblokiran jalan di beberapa daerah yang mengakibatkan terhambatnya distribusi bahan pokok dan kebutuhan masyarakat lainnya,” tulis Idham dalam TR tersebut.

Oleh sebab itu, Idham memerintahkan jajarannya untuk menjamin tidak ada pemblokiran jalan yang dilakukan oleh pihak manapun.

Hal tersebut berlaku di area, tempat, atau jalan di wilayah yang mengakibatkan terhambatnya distribusi bahan pokok.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu juga menjamin pihaknya dalam hal ini anggota Sabahara maupun Lalu Lintas untuk mengawal secara langsung jalur distribusi bahan pokok ke masyarakat.

Terakhir, ia meminta penerapan menjaga jarak (physical distancing) dilaksanakan secara tegas.

Namun dalam pelaksanannya, ia meminta anggotanya untuk menghintdari tindakan kontra produktif seperti arogansi dan mengucapkan kalimat yang tidak perlu.

“Surat Telegram ini bersifat perintah untuk dilaksanakan,” tutup Idham.(Red)