Kasum TNI Buka Rakor Teritorial Tahun 2020

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Teritorial TNI Tahun Anggaran 2020 yang berlangsung selama satu hari di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (18/2/2020).

Kasum TNI menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilaksanakan melalui kegiatan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI, selain harus mampu membangun kemanunggalan TNI dan rakyat juga bertujuan memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan baik secara fisik maupun non fisik guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Dinamika perkembangan lingkungan strategis yang telah disampaikan dalam Rapat Pimpinan TNI bulan Januari lalu, ditambah pula perkembangan internal TNI dengan terbentuknya beberapa organisasi baru, menuntut TNI agar dapat melaksanakan tugas pokoknya secara optimal melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Keberhasilan pelaksanaan operasi tidak terlepas dari peran aparat teritorial dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI tersebut.

Memasuki tahun 2020, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. telah menetapkan Pokok-Pokok Kebijakan Panglima TNI Tahun 2020 di Bidang Teritorial. Kasum TNI mengingatkan kepada seluruh peserta Rakor agar mencermati, memahami dan mengimplementasikan kebijakan yang sudah ditetapkan sesuai dengan peran, fungsi dan tugas masing-masing.

Kasum TNI berharap Rakorter kali ini dapat menampung pemikiran-pemikiran cerdas, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan solusi terbaik penyelenggaraan pembinaan teritorial sehingga dapat mencapai hasil optimal dan benar-benar bermanfaat bagi rakyat, bangsa dan negara.

            Diakhir amanatnya, Kasum TNI memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan Rakorter TNI. Pertama, jadikan forum ini sebagai sarana koordinasi dan komunikasi untuk menyamakan persepsi, interprestasi dan sinkronisasi. Kedua, rencanakan dan laksanakan Binter yang bersinergi dengan instansi terkait di wilayah masing-masing agar dapat berhasil dan berdaya guna. Ketiga, teruslah berinisiatif dan berinovasi dalam menyelenggarakan Binter yang bermanfaat nyata bagi kepentingan masyarakat dan TNI.

Rakor Teritorial TNI Tahun 2020 bertemakan “Melalui Rakorter TNI Tahun Anggaran 2020, Kita Wujudkan TNI Yang Kuat, Unggul, Maju dan Mandiri serta Manunggal dengan Rakyat”, diikuti oleh 86 peserta dari Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Autentikasi:

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman4 Attachments