Konstetasi Pilpres 2019 Berakhir,Elit PAN Galau Tentukan Arah Koalisi

Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengaku partainya belum satu suara di dalam menentukan arah koalisi setelah berakhirnya kontestasi Pilpres 2019. Menurutnya, terdapat perbedaan pendapat terkait keinginan kader untuk bergabung ke koalisi pemerintah atau menjadi oposisi.

“Namanya juga partai politik, bukan hanya di PAN, partai lain juga ada perbedaan pandangan,” kata Eddy ditemui di Jalan Daksa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7).

Eddy menerangkan, PAN menghargai setiap perbedaan pandangan untuk menentukan arah koalisi. Perbedaan itu, kata dia, bagian dari proses pendewasaan PAN di dalam berpolitik.

“Jadi enggak apa-apa, si A bisa mengatakan hal yang berbeda dengan si B, tetapi masing-masing itu punya tempat yang sama. Pendapat itu dan pendapat ini kami jadikan bahan untuk kami kaji pada saat kami akan memutuskan arah politik,” ungkap dia.

Eddy menjelaskan, sikap resmi PAN ditentukan dalam forum partai bernama rapat kerja nasional. Sesuai rencana, forum tersebut akan digelar paling lambat Agustus 2019.

“Rakernas saya pikir enggak akan lama lagi, akhir bulan ini atau paling tidak di awal Agustus. Belum ada tanggal pasti,” pungkas dia.

Sementara itu, Anggota dewan kehormatan DPP PAN Dradjad Wibowo menyebut partainya sudah kompak menentukan arah setelah kontestasi Pilpres 2019 berakhir. Puluhan DPW PAN solid menjadi oposisi untuk pemerintahan era Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua memimpin Indonesia.

“Ya, saya buka tipe orang yang suka klaim, ya. Namun, yang jelas mereka (kader DPW PAN) sudah komunikasi dengan semua pihak dan insyaallah lebih banyak yang ingin tetap di oposisi,” ucap Dradjad saat ditemui di Jalan Daksa, Kabayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7).

Lagi pula, kata Dradjad, kader PAN selalu mendengarkan nasihat Amien Rais menentukan arah politik. Dalam beberapa kesempatan, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu acap kali menginginkan partainya menjadi oposisi.

“Jadi gini, kalau di PAN itu sebagian besar, bahkan mungkin hampir semuanya, ya, hanya sebagian kecil saja yang tidak, itu mendengarkan nasihat Pak Amien,” pungkasnya. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.