KPU Kota Magelang : Sebelum Dilantik,Caleg Terpilih Wajib Serahkan LHKPN

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,MAGELANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang memberi batas waktu selama tujuh hari bagi para calon anggota legislatif Kota Magelang terpilih dalam menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Kalau tidak mampu menyerahkan, mereka terancam dicoret.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Magelang, Basmar P Amron usai rapat pleno penetapan kursi Parpol dan calon terpilih DPRD Kota Magelang di Grand Artos Hotel & Convention Magelang, Minggu (11/8) malam. Hadir dalam rapat pleno, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito.

“Batas waktunya hingga 18 Agustus untuk mereka menyerahkan LHKPN. Kalau tidak, calon anggota DPRD bisa dibatalkan dari keterpilihannya. Hal ini sesuai ketentuan dari KPK agar anggota legislatif terpilih melaporkan harta kekayaannya sebelum dilantik,” ujarnya.

Dia menuturkan, rapat pleno penetapan kursi parpol dan calon terpilih DPRD Kota Magelang diadakan setelah adanya putusan final Mahkamah Konstitusi atas sengketa Pemilu calon anggota DPRD Kota Magelang pada 7 Agustus. Sementara, Minggu (11/8) batas akhir penetapan calon terpilih.

“Menurut ketentuan, penetapan calon anggota legislatif maksimal lima hari dari putusan final MK,” katanya.

Usai rapat pleno ini, pihaknya akan mengirim surat kepada Gubernur Jawa Tengah melalui Wali Kota Magelang mengenai pelantikan anggota DPRD terpilih. Adapun waktu pelaksanaan pelantikan sudah bukan wewenang KPU lagi, melainkan di ranahnya Gubernur Jawa Tengah.

“Gubernur nanti yang memutuskan tanggal pelantikannya,” tuturnya.

Ia menyebutkan, berdasarkan rapat pleno penetapan kursi parpol dan calon terpilih DPRD Kota Magelang, KPU Kota Magelang menetapkan 25 calon anggota DPRD Kota Magelang terpilih. Untuk partai peraih kursi antara lain PKB 3 kursi, Gerindra 1 kursi, PDI Perjuangan 9 kursi, Golkar 3 kursi, PKS 3 kursi, Perindo 1 kursi, Partai Hanura 2 kursi, dan Partai Demokrat 3 kursi.

“Dari 25 calon anggota DPRD Kota Magelang terpilih tersebut, delapan di antaranya merupakan wajah baru yang akan menghiasi wakil rakyat untuk periode 2019-2014 mendatang,” jelasnya.

Salah satu anggota DPRD terpilih, Marjinugroho mengaku, merasa lega dengan penetapan kursi ini setelah adanya putusan MK. Ia yang merupakan wajah baru di kursi legislatif pun siap bekerja untuk rakyat selama masa tugasnya nanti.

“Saya dipilih oleh rakyat, maka saya akan bekerja dan berkarya untuk rakyat. Harapannya periode baru DPRD Kota Magelang nanti makin maju dan selalu di hati rakyat,” ungkap politisi Partai Demokrat itu. (red)