Langkah Politik Amien Rais Sudah Di Antisipasi Kadernya

Nusantara Politik

JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai, sosok politisi Amien Rais kiprahnya tak pernah pudar dalam perjalanan Partai Amanah Nasional (PAN).

Lanjutnya, tak dapat dipungkiri pula jika jejak politik Amien Rais yang turut andil dalam membidani dan mempopulerkan partai yang lahir diawal masa reformasi itu.

“Nama Amien sudah terlanjur melekat sehingga tidak mungkin menghapus namanya. Maka wajar, jika Soetrisno Bachir, Zulkifli Hasan, sebagian kader dan simpatisan masih berharap kepada sosok Amien Rais agar tetap berkiprah di PAN,” ujar Karyono dicukil dari SINDOnews, Selasa (25.8/20).

Kendati begitu ujar Karyono mengatakan, setidaknya Amien hingga kini masih menjadi magnet tersendiri yang dapat mendulang suara konstituen bagi parpolnya, meski pamornya kini mulai memudar seiring dengan sikap politik Amien Rais yang terkadang berseberangan dengan elit partai yang turut dibidani dan pembesar pemerintahan.

Tetapi, sambung dia, ketidakhadiran Amien Rais pada Perayaan HUT PAN Ke 22 tentu menimbulkan tanda tanya publik. Apakah Amien Rais masih berkutat atau keluar dari PAN.

Sementara Amien Rais sendiri muncul di acara deklarasi KAMI, tentu hal menimbulkan pertanyaan besar para pendukungnya.

“Tapi nampaknya, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan sudah mengantisipasi sikap politik Amien Rais ke depan,” ujarnya.***