Letjen TNI Doni Monardo: Pemerintah Tak Bisa Sendirian Lawan Corona,Relawan Penting Bagi Kami

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Ggugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19), Letjen TNI Doni Monardo menegaskan kehadiran relawan sangat penting untuk membantu penanganan virus Corona.

“Setelah Gugus Tugas ini terbentuk organisasinya dan salah satu bagian dalam organisasi adalah menyusun tim relawan. Tim relawan ini sangat penting bagi kami hari ini, karena konsepsi dalam penanganan mengatasi wabah Covid 19 ini, pemerintah tidak mungkin berdiri sendiri,” tegas Doni dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta (25/3/2020)
Oleh karenanya, kata Doni penggunaan metode pentahelix berbasis komunitas menjadi ujung tombak dalam terselenggaranya program yang telah disiapkan Gugus Tugas ini. “Siapa saja yang ada dalam pentahelix ini? Terdiri dari pemerintah, pemerintah pusat didukung oleh seluruh institusi pusat baik di pusat maupun di daerah,” ujarnya. (Baca juga: Korban Corona Terus Bertambah, Jokowi Didesak Ambil Opsi Lockdown)

Seperti TNI-Polri juga peran dari akademisi, peneliti, periset termasuk juga peran dari dunia usaha yang sudah mulai bergerak memberikan dukungannya kepada Gugus Tugas. ”Demikian juga komunitas, terutama dari kalangan relawan sendiri termasuk tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan dan terakhir adalah partisipasi dari kawan-kawan media sekalian,” katanya.

Doni mengatakan khusus untuk peran para usahawan ini sangat dinantikan donasinya bagi terselenggaranya upaya-upaya pencegahan serta penanganan virus ini. “Termasuk kami prioritaskan untuk mendukung tenaga medis, tenaga kesehatan para dokter, para perawat dan juga para pekerja di rumah sakit termasuk juga pengemudi ambulance,” ungkapnya.

Mereka ini, tegas Doni adalah garda terdepan hari ini sebagai prajurit yang menghadapi virus. “Mereka adalah orang terdepan dan mereka pahlawan-pahlawan kemanusiaan yang harus kita dukung dan bantu setiap hari, setiap saat. Agar mereka termasuk juga keluarganya mendapatkan dukungan moril dari kita semua,” ujarnya.

Oleh karenanya, kata Doni, tim relawan yang akan dipimpin Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) Andre Rahadian akan merancang semua program-program untuk mendukung para tenaga medis. ”Kita harapkan suatu dorongan sebuah strategi bagaimana ke depan supaya hal ini bisa berlangsung dengan baik,” ucap mantan Danjen Kopassus ini.vcccccccccccccccccccccccccccccccccccccccfffffffff0