Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Di Tol Trans Jawa

Hukum Politik

KORANBOGOR.,com,SEMARANG-Arus balik libur panjang sudah mulai terlihat padat di ruas jalan Tol Trans Jawa. Diprediksi, puncak arus balik bakal terjadi pada Sabtu (31/10) malam.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol M. Rudy Syafirudin menyatakan, saat ini kepadatan arus kendaraan masih terjadi di beberapa daerah namun arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dari Jawa Tengah khususnya di lokasi menuju tempat wisata.

“Kepadatan arus lalu lintas didominasi oleh masyarakat yang ingin berwisata misalnya di Kota Magelang dan Ungaran,” katanya, Sabtu (31/10).

Dirlantas menuturkan, sama halnya pada arus mudik libur panjang, pada arus balik, kendaraan berat sumbu 1,2,dan 3 juga tidak diperbolehkan masuk jalan tol.

“Sementara kendaraan berat dialihkan ke jalan Pantura, sedangkan semua kendaraan kecil ke arah barat semua nanti lewat tol,” ujar dia.

Sejauh ini katanya, untuk kepadatan arus balik di jalan tol masih relatif lancar, dan belum nampak adanya kepadatan yang berarti.

Sementara Direktur Teknis Jasamarga Semarang Batang (JSB), Abdul Rokhim menyebutkan, pada puncak arus mudik libur Maulid Nabi Muhammad SAW, (Rabu (28/10) jumlah kendaraan yang melintas berkisar 33 ribu ke arah Semarang, 14 ribu untuk arah Jakarta.

“Kami telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi adanya arus balik. Dengan melakukan penambahan gerbang tol Kalikangkung yang menuju arah barat,” ujarnya.

Ia mengatakan saat ini masih terdapat arus kendaraan dari arah Jakarta yang masuk ke Semarang, meski jumlahnya relatif kecil.

Dia memprediksi pada arus balik tidak terjadi penumpukan arus kendaraan. “Saya kira nanti pas arus balik landai saja,” pungkasnya. (Red)