“ Menanamkan Jiwa Kewirausahaaan sejak masa Sekolah Dasar “

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Jiwa wirausaha adalah jiwa kemandirian untuk mencari sebuah sumber penghasilan dengan membuka usaha ataupun menyalurkan kreatifitas yang dimiliki seseorang untuk kemudian dijadikan sebuah lahan untuk mencari penghasilan (Binus University).

Pada era yang sudah modern dan era yang penuh dengan kemudahan ini seseorang akan bersaing untuk mencari dan mendapatkan sebuah pekerjaan. 

Jiwa kewirausahaan ini tidak hanya akan membantu dan mempermudah seseorang untuk berwirausaha, namun juga tanpa disadari akan membentuk pribadi seseorang yang positif.

Mengapa demikian? Sebab didalam jiwa kewirausahaan terdapat sikap sikap positif yang akan membentuk sebuah karakter yang baik jika dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan.

Sikap kewirausahaan itu meliputi :

1.Berfikir dan bertindak kreatif serta inovatif

2. tekun, teliti, produktif

3. msemangat dan mandiri

4. memiliki rasa percaya diri

5. optimis dan masih banyak lagi

Jika sikap wirausaha ini diajarkan pada anak sejak usia dini pada masa Sekolah Dasar , maka kita akan dapat membentuk karakter si anak menjadi anak yang berkarakter baik.

Selain itu kita akan melatih anak untuk menjadi anak yang mandiri, kreatif serta inovatif. Kita ajarkan anak untuk membuka suatu usaha disekolah seperti berjualan kue ataupu  lainnya yang menghasilkan uang.

Yang nantinya uang itu akan ditabung di tabungan sekolah hingga si anak lulus dari Sekolah Dasar.Sehingga, ketika anak lulus dari SD ia akan memiliki modal untuk membuka usaha lebih lanjut ketika berada di tingkat pendidikan selanjutnya.

Dengan begitu anak akan memiliki penghasilan sendiri dan ia tidak selalu bergantung dan memin ta segala sesuatunya kepada orang tuanya.

Kita sebagai seorang guru hendaknya mampu untuk menanamkan jiwa dan sikap tersebut pada anak didik kita di Sekolah Dasar.

Karena pada tingkat ini anak akan sangat lebih mudah untuk diajarkan dan dibentuk karakternya. Tinggal bagaimana sang guru mendidik dan menanamkan karakter tersebut.

Dengan cara memanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini kita sebagai guru juga ikut berperan dalam mempersiapkan anak untuk menghadapi industri masa depan. *

(Red/ Puput Mega Pratikna)

Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kampus : Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta

Nim : 2018015369