Mengenalkan Cara Merawat Kesehatan Tubuh dan Jenis Makanan Sehat Pada Anak

Bogor Now Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Makanan sehat penting bagi tubuh manusia, terutama tubuh anak sekolah dasar kelas 4 sampai kelas 6 , karena di masa itu anak akan masuk masa pubertas, dari anak – anak ke remaja.

Tetapi, makanan sehat saja tidak cukup harus diimbangi dengan merawat kesehatan tubuh dan olahraga, minimal satu minggu sekali.

Pemahaman itulah yang harus dipahami guru kelas atau wali kelas dan disampaikan kepada peserta didik sekolah dasar,karena guru kelas adalah orang tua kedua bagi siswa saat di sekolah.

Banyak siswa sekolah dasar tidak memahami dan kurang mendapat perhatian dari orang tua, tentang hal tersebut.

Anak-anak makan dan minum sembarangan dan tidak mengetahui bahwa apa yang mereka konsumsi membahayakan kesehatan.

 Berikut hal yang harus diterapkan di lingkungan sekolah dasar :

  1. Biasakan  anak-anak membawa bekal makanan empat sehat lima sempurna seperti (nasi, jagung, gandum, daging ayam, daging sapi, daging kambing, daging ikan dan daging bebek, telut, tahu, tempe, sawi, kubis, brokoli, kembang kol, wortel, teruk, apel, manggis, sirsak, anggur, kelengkeng, alpukat, susu sapi, susu kedelai ,susu kambing ). 
  2. Sebelum dan sesudah makan hendaknya mencuci tangan. 
  3. Menyediakan kantin sehat di dalam sekolah dan menolak datangnya pedagang makanan yang tidak sehat di depan gerbang sekolah.
  4. Melakukan senam sehat setiap hari Jumat yang dilakukan seluruh warga sekolah. (Red/ Zainal Arif P dari Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )