Mengenalkan Sejak Dini, EkstrakurikulerKarawitan di SD

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Ekstakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar kelas dan di luar jam pelajaran. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik dilatih untuk menemukan jati diri sesungguhnya.

Sehingga peserta didik dapat menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki peserta didik melalui kegiatan-kegiatan wajib atau pilihan yang peserta didik minati.

Untuk itu ekstrakurikuler sangat besar manfaatnya bagi siswa dalam mengembangkan bakat dan minat yang ada di dalam dirinya. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler karawitan juga dapat melatih kerjasama.

Karawitan merupakan salah satu kesenian yang harus dilestarikan. Karawitan adalah kesenian musik tradisionla Jawa yang mengacu pada permainan musik gamelan.

Kesenian karawitan memiliki bunyi yang indah jika pemainnya memainkan dengan nada yang sama. Dengan mengenalkan sejak dini kepada peserta didik di SD untuk ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler diharapkan siswa dapat belajar dan dapat memainkannya.

Kegiatan ekstrakurikuler di SD dapat membangkitkan rasa cinta terhadap budaya. Namun, pada saat sekarang ini kesenian tradisional tersebut semakin kurang diminati oleh generasi muda.

Generasi muda saat ini lebih menyukai kesenian dari negara lain. Hal ini karena kesenian dari negara asing lebih menarik daripada kesenian tradisional.Oleh karenanya, dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di SD dapat memperkenalkan kesenian tradisional kepada peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SD diharapkan bisa melestarikan budaya yang menjadi warisan leluhur. Sehingga budaya yang dimiliki oleh bangsa ini tidak punah dan dapat dinikmati oleh generasi muda selanjutnya.

(Red/ Yunindra Khairunnisa Putri dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. )