Menteri BUMN,Erick Thohir Pertanyakan Universitas Pertamina : Ngapain BUMN Punya Sekolah ?

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menteri BUMN,Erick Thohir mengungkapkan, peran perusahaan negara harus semakin ditingkatkan pada sektor pendidikan melalui dana corporate socail responsibility (CSR) yang ada dari ratusan perusahaan BUMN.

Menurutnya, salah satu hal yang bisa dilakukan BUMN dalam mendorong pendidikan adalah kerjasama dengan universitas yang ada di Indonesia. Bukannya malah membuat lembaga pendidikan formal baru.

Erick juga menyinggung ada beberapa BUMN yang membangun lembaga pendidikan sendiri, salah satunya pada PT Pertamina (Persero). Perusahaan energi miliki negara ini memiliki Universitas Pertamina di Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

“Misalnya, ngapain BUMN punya sekolah? Lebih baik sinergi dengan universitas yang ada. Apakah (misalnya) Pertamina dengan fakultas di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Supaya bisa upgrade dosen dan fasilitasnya juga, jadi universitasnya bisa world player,” ujar Erick dalam acara Milenial Fest 2019 yang berlangsung di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Diharapkan BUMN bisa mendukung ekosistem pendidikan yang ada di Indonesia, ketimbang saling bersaing di pendidikan formal. Disamping itu, Erick juga mmeminta untuk BUMN bisa meningkatkan porsi penggunaan dana CSR ke sektor pendidikan. (Red)