MENTERI LUAR NEGERI & MENTERI KESEHATAN AUSTRALIA:Evaluasi Independen COVID-19

Internasional Politik Wisata

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pemerintah Australia menyambut baik pengumuman Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi untuk mengevaluasi respons dunia terhadap COVID-19.

Kami mengakui kepemimpinan dan pengalaman ketua bersama yang terhormat, mantan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf dan mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark yang akan dibawa ke dalam Panel.

Ini mengikuti seruan kami untuk peninjauan independen terhadap COVID-19 dan resolusi Majelis Kesehatan Dunia yang didukung oleh catatan sejumlah 145 co-sponsor, termasuk Australia.

Resolusi tersebut berkomitmen untuk evaluasi yang tidak memihak, independen, dan komprehensif, untuk meninjau pelajaran yang dipetik dari respons internasional, serta upaya lebih lanjut untuk mengidentifikasi sumber virus.

Australia telah bekerja erat dengan WHO dan mitra-mitra kunci untuk mempertahankan momentum dan memenuhi mandat Majelis Kesehatan Dunia.

Kami juga senang Direktur Jenderal WHO akan mengadakan sesi khusus Dewan Eksekutif WHO tentang COVID − 19 pada bulan September 2020.

Australia berharap dapat bekerja dengan Panel dan komunitas internasional untuk memastikan evaluasi penting ini dapat membantu memperkuat WHO dan mencegah serta mengurangi pandemi di masa depan.

(Red/Rilis public-affairs-jakt@dfat.gov.au)