Menumbuhkan Rasa Cinta Budaya Indonesia pada Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Kesenian di Sekolah Dasar

Politik

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Budaya adalah suatu kebiasaan yang mengandung nilai-nilai yang diturunkan kepada setiap generasi ke generasi agar dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya.

Budaya Indonesia adalah suatu kebiasaan yang berasal dari setiap daerah yang berada dalam wilayah NKRI. Kebiasaan tersebut mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan identitas daerahnya masing-masing.

Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri lagi keberadaannya. Indonesia mempunyai banyak sekali keragaman budaya yang ada disetiap daerah, mulai dari sabang sampai merauke.

Perkembangan budaya Indonesia sekarang ini mulai tergusur perlahan-lahan seiring dengan perkembangan zaman. Saat ini anak usia sekolah lebih menyukai budaya asing daripada budaya lokal Indonesia.

Budaya Indonesia tidak akan berkembang tanpa adanya peran serta kaum muda di dalamnya.

Untuk mengikuti perkembangan zaman, anak muda mudah sekali mengikuti segala macam kebudayaan dari luar tanpa menyeleksi terlebih dahulu mana yang baik dan buruk bagi dirinya.

Dengan derasnya arus globalisasi, dikhawatirkan budaya bangsa khususnya budaya lokal akan mulai hilang. 

Agar budaya lokal tetap terjaga dan lestari, maka diperlukan pemertahanan budaya lokal.

Oleh karena itu perlu adanya bimbingan untuk menyikapi globalisasi yang sedang terjadi dengan pengenalan budaya bangsa sejak dini di sekolah melalui pelajaran kesenian.

Dalam pelajaran kesenian peserta didik dapat dikenalkan dengan budaya dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dengan cara yang menyenangkan supaya menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya Indonesia. Anak usia sekolah dasar sangat menyukai menari, menyanyi, bermain alat musik, dan menggambar.

Oleh karena itu dalam pelajaran kesenian, peserta didik diajarkan menari tarian dari berbagai daerah, dan diajarkan bermain alat musik tradisional Indonesia.

Selain itu, pada pelajaran menggambar, siswa dapat diajarkan untuk menggambar motif batik dan mengenali jenis-jenis batik yang ada di Indonesia. Pembelajaran melalui kegiatan membatik merupakan pelaksanaan pendidikan seni di sekolah.

Kegiatan pembelajaran kesenian yang dilakukan secara terus menerus bermanfaat untuk mengembangkan potensi peserta didik dan menanamkan nilai-nilai karakter cinta budaya kepada peserta didik.

(Red/Hesti Yulia Putri Status : Mahasiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Prodi : PGSD )