Pemprov Jabar Resmi Berlakukan PSBB,Aparat Gabungan Jaga 232 Titik

Bogor Now Hukum Politik

KORANBOGOR.com,BANDUNG-Provinsi Jawa Barat secara resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hari Rabu (6/5/2020) ini. PSBB Jabar dimulai Rabu pukul 00.00 hingga Selasa (19/5) mendatang.

PSBB Jabar ini merupakan tindak lanjut pengembangan dari PSBB beberapa kota Jabar penyangga Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat sekaligus koordinator Sub Divisi Sterilisasi Fasilitas Publik Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Hery Antasari, sebanyak 232 titik pemeriksaan akan dijaga petugas gabungan untuk mencegat pelanggar PSBB.

“Selama ini banyak warga yang melakukan beragam cara untuk mengakali larangan mudik,” kata Hery Antasari,

Beberapa siasat mudik tersebut di antaranya memanfaatkan truk barang, kendaraan pribadi yang pengemudinya punya dispensasi untuk bergerak, hingga ambulans.

“Ciri-ciri itu mudah terlihat, tapi memang perlu waktu dan energi dari petugas di lapangan juga memperhatikan risiko (penyebaran Covid-19) saat berinteraksi dengan pemudik,” ujar Hery.

Herry menambahkan, tindakan yang telah dan akan terus dilakukan jajarannya adalah mengembalikan pemudik ke tempat asalnya. Hingga Senin (4/5) kurang lebih ada 33 ribu yang sudah dikembalikan (diputar balik) ke tempat asal.

Personel gabungan dari Polda Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Jawa Barat siap menjaga titik pemeriksaan PSBB sekaligus penyekatan larangan mudik.

“Ketika bicara batas PSBB Jawa Barat, maka tambahan fokus penyekatan dan titik pemeriksaan oleh Polda Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Jawa Barat adalah titik-titik di perbatasan Jawa Barat dengan provinsi lain,” ujar Hery.(Red)