PENDIDIKAN KARAKTER ALA GURU CERDIK DI SEKOLAH DASAR

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan Karakter adalah  suatu sistem pendidikan yang berupaya untuk mendidik dan membentuk kemampuan agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan lingkungannya.

Sedangkan pendidikan karakter oleh guru yang cerdik adalah pendidikan karakter yang didalamnya terdapat hal yang menarik untuk dilakukan, pendidikan karakter ini biasanya dilakukan dengan cara yang sederhana dan bersifat menarik perhatian anak. 

Seperti  mengucapkan salam ketika hendak masuk ruangan, selalu berjabat tangan dengan semua teman, selalu menggunakan budaya 5S yang disebut dengan senyum, salam, sapa, sopan dan santun.

Lalu jika anak berhasil menyelesaikan kegiatan diberikan apresiasi, apresiasi tidak selalu berbentuk barang bisa dengan tepuk tangan atau ucapan yang bersifat membangun dengan cara seperti itu anak akan termotivasi untuk melakukan hal – hal yang baik.

Dalam pendidikan karakter tersebut juga bisa diterapkan diluar sekolah, seperti di SD Negeri Kadiluwih.

Sekolah ini beberapa waktu  lalu menerapkan kegiatan pendidikan karakter dengan pergi ke salah satu kebun binatang di daerah Sleman.

Kebun binatang tersebut bernama Jogja Exotarium, disana anak – anak dikenalkan dengan berbagai macam hewan dan pemandu wisata memberikan arahan bagaimana cara memperlakukan hewan dengan baik.  

Kemudian siswa diajak untuk outbound. Outbound untuk kalangan anak sekolah dasar ini menggunakan media yang tidak membahayakan anak.

Jadi dalam kegiatan ini siswa diajarkan untuk kompak dan mampu bekerjasama antar teman, jika siswa berhasil menyelesaikan tantangan secara kompak mereka mendapatkan apresiasi, sedangkan jika ada yang melanggar peraturan semua yang akan kena hukumannya.

Secara tidak langsung mereka akan terbiasa dengan hal – hal sederhana ini untuk mencapai karakter yang baik terutama bekerjasama dan kekompakan. 

Manfaat pendidikan karakter  untuk anak Sekolah Dasar beraneka macam, dalam keluarga  bisa membentuk karakter tangunggjawab,lebih menghormati orangtua dan orang yang lebih tua dari si anak,kemudian dilingkungan luar rumah anak akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, jiwa sosial, solidaritas tinggi dan toleransi.

Untuk kehidupannya kelak anak akan lebih tertata karakternya, anak tersebut diharapkan menjadi seseorang yang amanah, jujur dan bertangungjawab terhadap hidupnya. 

Jadi pendidikan karakter adalah salah satu upaya dalam pembentukan karakter pada diri manusia yang nantinya bisa diterapkan dalam berbagai kehidupan.

Di SD Negeri Kadiluwih dalam menerapkan pendidikan karakter pada beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke kebun binatang Jogja Exotarium, salah satunya dengan kegiatan Outbound.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun karakter pada diri siswa, kegiatan ini dilakukan secara berkelompok agar bisa menciptakan rasa kebersamaan tanggung jawab dan solidaritas yang tinggi.

(Red/ Lia Anggita Rahmawati. Alamat : Kangkungan, Kadiluwih,Salam, Magelang. Kuliah di : Universitas Sarjanawitata Tamansiswa. Semester : 3  )